Abu Hasan Ikut Pendidikan Kepemimpinan – Fajar Sultra
News

Abu Hasan Ikut Pendidikan Kepemimpinan

KENDARI – Bupati Buton Utara Abu Hasan terpilih sebagai peserta program pendidikan peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala daerah yang berorientasi pada peningkatan ekonomi melalui wawasan kebangsaan. Kegiatan yang mengusung tema “Ekonomic Leadership For Regional Government Leader” itu diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerjasama Bank Indonesia Intitute (BINS) dan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (31/8) hingga Jumat (2/9), bertempat di Kampus Bank Indonesia Institute tersebut, Bupati Butur merupakan salah satu peserta terpilih dari 30 peserta pejabat bupati dan wakil bupati se Indonesia.

Oleh pihak panitia penyelenggara, hanya ada dua bupati di Sultra yang terpilih. Yakni, Bupati Butur dan Bupati Kolaka, namun Bupati Kolaka berhalangan hadir.

Program pendidikan peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala daerah untuk membentuk pola pikir kepemimpinan yang memiliki visi dan pemikiran strategis dalam meningkatkan daya saing ekonomi daerah melalui “ekonomic breakthrough” yang berwawasan kebangsaan.

Adapun sejumlah materi penting yang diperoleh adalah Framework Kebijakan Pusat dalam Pembangunan Ekonomi Daerah (Ekonomi Regional) yang disampaikan oleh Prof Hermanto Siregar dan Dr Dian E Rae Kepala Departemen Regional Bank Indonesia.

Hari kedua, Transformasi Struktural yang disampaikan oleh Dr Sugeng Kepala Deputi BI Intitute dan Kemenko Perekonomian. Bauran Kebijakan Nasional oleh Yoga Affandi (DKEM), program Tematik dengan pemateri dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan dari LEMHANAS -RI.

Hari ketiga, setelah menerima materi Ekonomic Leadership dan Ekonomic Spiritual Leadership yang disampaikan oleh Mahendra Siregar, dilanjutkan dengan kunjungan ke museum Bank Indonesia, penyerahan PIN dan sertifikat kepada peserta. (hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top