Sarana dan Prasarana Perhubungan Kota Baubau Buruk – FAJAR Sultra
News

Sarana dan Prasarana Perhubungan Kota Baubau Buruk

FOTO-WALIKOTA-TAMRIN-TERIMA-REKOMENDASI

BUTONPOS.COM, BAUBAU–Pemerintah Kota Baubau khususnya Dinas Pehubungan (Dishub) mendapat banyak catatan dari Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) Pusat dalam hal pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan. Pasalnya, sebagian besar sarana dan prasarana perhubungan di Kota Baubau dinilai sangat buruk.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim penilai WTN Pusat, Baitul Ikhwan SH saat memaparkan hasil penilaian yang dilakukannya di Kota Baubau, di Aula Kantor Palagimata Baubau, Kamis (24/8).

Dijelaskan, Kota Baubau saat ini banyak hal yang harus dibenahi. Diantarannya pada angkutan umum, ditemukan banyak angkutan yang belum melakukan uji berkala. Selain itu, sopir tidak menggunakan seragam dan juga tidak memasang jalur trayek kendaraan serta ditemukan banyak kendaraan yang memiliki riben gelap.

“Jadi rekomendasi dari kami, selalu dilakukan uji berkala, riben jangan terlalu gelap, harus ada kejelasan trayek serta keamanan sopir lainnya,” jelas Baitul Ikhwan di hadapan Walikota Baubau, AS Tamrin MH dan seluruh SKPD dan lintas sektoral Kota Baubau.

Ia menambahkan, rambu-rambu lalulintas maupun marka jalan di Kota Baubau juga perlu ditingkatkan. Selain itu, halte penumpang serta terminal di Kota Baubau masih jauh dari kelayakan.

“Kita rekomendasikan kedepannya perlu diadakan perbaikan. Kami harap untuk melengkapi marka jalan. Selanjutnya juga banyak trotoar yang tertutup sehingga mengganggu pejalan kaki, dan juga harus dilengkapi dengan rambu yang baik berdasarkan aturan yang ada,” tambahnya.

Namun begitu lanjut Baitul, pihaknya mengapresiasi adanya lokasi car free day di Kotamara sebagai salah satu hal penunjang yang harus ditingkatkan. Dengan begitu ia berharap, kedepan Kota Baubau dapat mengintegrasikan antara jalur angkutan darat, laut dan udara, bahkan bila perlu merencanakan yang berbasis IT.

Sementara itu, Walikota Baubau, Drs H AS Tamrin MH ketika dikonfirmasi usai kegiatan tersebut mengatakan, seluruh rekomendasi yang diberikan kepada Pemerintah Kota Baubau akan ditindaklanjuti. Namun begitu, akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah.

“Itu akan ditindaklanjuti apakah sekaligus atau bertahap sesuai dengan kondisi daerah, mana yang diprioritaskan, karena semua rekomendasinya itu untuk kebaikan daerah ini semua,” katanya kepada awak media.

Ditambahkan, saat ini Kota Baubau mengarah pada pembangunan smart city dengan begitu, khususnya perbaikan transportasi harus dilakukan perbaikan.(m5)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top