Capil Kolaka kehabisan Blangko eKTP – FAJAR Sultra
News

Capil Kolaka kehabisan Blangko eKTP

Kolaka, KoP

Program KTP elektronik (eKTP), masih saja bermasalah. Di Kolaka, bahkan sampai tiga ribuan orang yang telah melakukan perekaman data, belum dapat memiliki fisik eKTP. Hal tersebut diakibatkan karena blangko eKTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kolaka nihil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kolaka H.Abdullah, mengatakan sudah hampir seminggu belakangan ini, Kolaka kehabisan blangko eKTP. “Yah memang benar saat ini kami kehabisan blangko e-KTP. Jumlah masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan belum mendapatkan e-KTP sekitar 3000an,” ujarnya.

Meski blangko eKTP tengah kosong, namun perekaman data tetap dilaksanakan. “Intinya perekaman itu masih berlanjut, kalau sudah direkam pasti itu sudah terdaftar, masyarakat juga bisa mengambil e-KTP dengan menunjukkan bukti perekaman,” tambahnya.

Perekaman data itu kata Abdullah, juga dapat berfungsi sebagai pengganti sementara data eKTP. Misalnya, untuk keperluan pemberkasan dan sebagainya, maka data perekaman tersebut yang telah disertakan dengan nomor induk eKTP, dapat dijadikan bukti. “Kami juga sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat yang melakukan perekaman untuk sabar menunggu blangko e-KTP datang. Kami tidak bisa apa-apa karena yang mengadakan blangko eKTP itu langsung Kementrian Dalam Negeri. Sedangkan untuk pengurusan kartu keluarga dan dokumen lainya, Capil Kolaka masih mempunyai stok hingga bulan Januari 2017,” ujarnya. (hud/c)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top