Anggaran Peningkatan Akreditasi RSUD Dipertanyakan – FAJAR Sultra
News

Anggaran Peningkatan Akreditasi RSUD Dipertanyakan

ketua-komisi-iv-yaudu-salam-ajo-2

Yaudu Salam Ajo S.Si (Bahrun/Rakyat Sultra)

RAKYATSULTRA.COM, KENDARI – Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Yaudu Salam Ajo SSi mempertanyakan besaran usulan anggaran untuk peningkatan akreditasi Rumah Sakit Umum Bahteramas dalam pembahasan APBD-Perubahan sebesar Rp 446.46 juta, kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Menurutya, selama ini pihaknya sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Pemprov, namun itu hanya sampai pada pembahasan peraturan daerah (perda) saja. Sementara untuk total anggarannya, belum pernah dibahas selama beberapa kali menggelar pertemuan.

“Kalau untuk peningkatan akreditasi ke tipe B pendidikan, itu sudah sering kita koordinasikan. Tetapi untuk rincian total anggaran yang dibutuhkan, hingga kini belum pernah kita dibahas,” tuturnya.

Upaya untuk peningkatan status ke tipe B, kata Yaudu, pada dasarnya itu berkaitan dengan target pemprov, untuk menjadikan RSUD Bahteramas sebagai mitra dengan dengan Fakultas Kedokteran sebagai rumah sakit pendidikan. Dikatakah demikian, salah satu dasar untuk bermitra dengan fakultas kedokteran, yakni harus jelas status akreditasinya minimal tipe B.

Terkait dengan jumlah anggaran sebesar Rp 446 juta lebih itu, lanjut Yaudu, pihaknya belum bisa memastikan apakah itu masuk dalam kategori tinggi, normal ataupun rendah. Hanya saja, usulan ini harusnya didudukan dulu bersama DPRD sebelum diusulkan dalam pembahasan APBD Perubahan.

“Kita selama ini terkesan hanya mengikuti irama yang dibangun oleh pemprov, padahal sepanjang usulan ini dikomunikasikan dengan baik dan mendesak kita tidak mungkin menolak,” akunya.

Untuk itu, untuk memperjelas porsi anggaran peningkatan status akreditasi tersebut, pihaknya akan mempertanyakan itu dalam pembahasa APBD selanjutnya baik ketingkat fraksi-fraksi maupun komisi.

Ini dilakukan, masih kata dia, untuk mengetahui diperuntukkan dimana saja anggaran tersebut, apakah difokuskan pada surat-surat saja ataukah juga berkaitan dengan hal-hal teknis lainnya baik sarana prasarana maupun biaya koordinasi ke pusat.

“Jelasnya, kita akan mempertanyakan itu kepada pemprov,” tandasnya. (p8/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top