UHO Temukan, Pakan Udang Ramah Lingkungan – Fajar Sultra
News

UHO Temukan, Pakan Udang Ramah Lingkungan

Ilustrasi

Ilustrasi

RAKYATSULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Program Studi Budidaya Perairan telah menciptakan pakan udang ramah lingkungan. Karena komposisi pakannya berasal dari keong bakau dan minyak kelapa.

Ketua Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan yang juga Penemu pakan udang ramah lingkungan, Agus Kurnia PhD mengatakan penggunaan bahan yang ramah lingkungan dilakukan dalam upaya mengantisipasi mahalnya sumber protein dan lemak yang dibutuhkan untuk pakan udang windu.

“Pakan udang ramah lingkungan ini adalah sumber protein dan lemak alternatif digunakan untuk menggantikan minyak ikan. Bahan dasar pembuatan pelet udang yang juga digunakan sebagai protein yaitu keong bakau (burungo) dan minyak kelapa, baik kelapa tradisonal maupun minyak sawit sebagai lemak,” ungkapnya, Rabu (31/8).

Hasil penemuan yang didapatkan, kata Agus, dapat mengalahkan pakan udang komersial. “Pertumbuhan udang lebih tinggi dengan menggunakan pakan yang kami buat jika dibandingkan dengan pakan komersial. Telah dilakukan uji coba dimana, terdapat 100 persen tepung ikan dan 100 persen tepung keong bakau, dan hasilnya pertumbuhan dengan keong bakau lebih tinggi” katanya.

Sedangkan pada minyak kelapa, kata dia, berfungsi untuk menggantikan lemak ikan. Walaupun dalam perncobaan yang dilakukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. “Lemak kelapa menggantikan lemak ikan karena lemak ikan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan minyak kelapa. Baik minyak kelapa tradisional maupun minyak kelapa sawit,” ujarnya.

Uji coba yang dilakukan selama tiga tahun ini telah membuahkan hasil. Karena itu pihaknya akan segera mengurus hak paten dari penemuannya, sehingga kedepan dapat digunakan oleh masyarakat secara umum.

“Kami juga sudah pikirkan termasuk untuk menjual pakan yang kami buat, hanya saja saat ini kami masih mengurus hak patennya,” pungkasnya. (P3/b/r3)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top