Bupati Muna Gagas Pembentukan Universitas – FAJAR Sultra
News

Bupati Muna Gagas Pembentukan Universitas

3-150x150

RAHA, RSONLINE – Pemerintah Kabupaten Muna di bawah kepemimpinan LM Rusman Emba, ST dan H Abdul Malik Ditu tak hanya ingin mengembangkan Kabupaten Muna dari segi pembangunan fisik, namun Bupati Muna, LM Rusman Emba juga akan menggenjot pembangunan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi.

Salah satu ide dan strategi untuk mewujudkan peningkatan kualitas di bidang pendidikan, Bupati Muna memiliki ide dan gagasan untuk membangun sebuah universitas di Kabupaten Muna, agar anak-anak di Muna tidak harus keluar daerah untuk mencari pendidikan.

“Kalau sudah terbentuk sebuah universitas, maka banyak alternatif pilihan bagi anak-anak kita untuk memilih jurusan yang mereka sukai. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah,”kata Rusman Emba. Ia mengatakan, tak sedikit mahasiswa asal Kabupaten Muna dan Muna Barat yang meninggal karena dibunuh di daerah lain, tempat mereka mengenyam pendidikan.

“Hampir tiap bulan ada korban, mereka dibunuh tanpa sebab yang jelas. Jika kita membangun universitas di Muna, maka anak-anak kita bisa kuliah dengan aman dan nyaman di Muna, “ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Sultra ini menyebutkan, sekitar 30 ribuan anak-anak dari Muna yang memilih kuliah ke luar daerah, karena berbagai alasan. “Jika 30 ribuan masyarakat Muna yang kuliah di daerah lain, maka kita bisa perkirakan berapa jumlah uang yang keluar Muna dalam sebulan ? Olehnya itu saya terpikir untuk membangun sebuah universitas di Muna. Memang ada STIP Wuna, kita akan bicarakan dengan STIP, bagaimana teknisnya nanti,”katanya.

Mantan anggota DPD RI ini mengatakan, Kabupaten Muna memiliki lumbung sumberdaya manusia yang sangat luar biasa yang akan mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas di Muna. “Ada beberapa alasan sehingga anak-anak dari Muna memilih kuliah di luar daerah, salah satunya adalah kualitas pendidikan. Hal ini kita akan pikirkan juga, bagaimana agar dosen-dosen pengajar juga memiliki kualitas dan kualifikasi pendidikan yang sesuai,” kata Rusman Emba. (sra/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top