Sumi Tata: Ariani Butuh Banyak Pengalaman Tanding – Fajar Sultra
News

Sumi Tata: Ariani Butuh Banyak Pengalaman Tanding

KENDARI, RSONLINE – Pelatih taekwondo Sultra, Sumi Tata, mengakui atlet taekwondo Sultra yang turun di PON XIX, Ariani, masih minim pengalaman bertanding pada event nasional. Diakui salah satu perintis olahraga taekwondo di Kabupaten Muna ini, seorang atlet muda seperti Ariani, harus lebih banyak terlibat, baik itu dikirim ke kejuaraan nasional atau sekedar menonton kejuaraan untuk menambah referensi.

Diakui Sumi Tata, perkembangan taekwondo di Sultra, berjalan statis. Sehingga, untuk bisa bermanuver skala nasional, atlet harus banyak ikut pertandingan. Namun, selama ini baik Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sultra dan KONI, selalu tidak punya anggaran cukup.

“Kita harapkan, kedepan lebih ada kebijakan baru buat atlet untuk mempertahankan prestasi mereka di PON. Sehingga, atlet bisa lebih percaya diri menghadapi atlet nasional karena memang Ariani kalah dari atlet SEAGames pada babak semifinal,” kata Sumi Tata, Minggu (2/10).

Sementara itu, Ariani mengakui dirinya kurang maksimal di PON XIX. Sebab, instruksi dan latihan yang didapatkan dari sabum (pelatih) tidak semua dikeluarkan. Sejumlah tendangan dan counter (pertahanan) luput saat pertarungan melawan Annisa, atlet nasional asal Jawa Barat.

“Saya tidak keluarkan counter, juga Yeop Chagi yang tidak maksimal. Namun, saya yakin kedepan dengan latihan bagus saya bisa maksimal,” katanya.

Diakui Ariani, latihan berat dan latihan maksimal adalah kunci keberhasilan. Namun, dirinya berharap bisa lebih aktif ikut pada sejumlah event nasional.

“Beda kalau kita sering ikut di pertandingan nasional. Ada ilmu dan semangat baru untuk terus berkembang,” katanya.(r5/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top