Pj Bupati Tiga DOB Belum Ada – FAJAR Sultra
News

Pj Bupati Tiga DOB Belum Ada

KENDARI, RSONLINE – Hingga saat ini Pemprov Sultra belum menerima surat keputusan (SK) pejabat (Pj) Bupati di tiga daerah otonomi baru (DOB) yakni Muna Barat (Mubar), Buton Tengah (Buteng), dan Buton Selatan (Busel). Pasalnya, tinggal sepekan masa jabatan Pj Bupati lama akan berakhir, tepatnya pada 9 Oktober.

Meskipun saat ini ketiga Pj Bupati sebelumnya telah resmi mundur dari jabatannya, dengan niat maju sebagai bakal calon bupati di pilkada 2017 mendatang. Mereka yakni LM Rajiun Tumada, Mansur Amila dan Muhammad Faisal.

Wakil Gubernur Sultra HM Saleh Lasata menegaskan hingga saat ini SK ketiga Pj Bupati tersebut belum diterima. Namun, dia memperkirakan jika minggu ini SK Mendagri tentang pengesahan usul Pj Bupati tiga DOB sudah turun.

“Nah belum ada sampai sekarang (SK nya). Mudah-mudahan minggu depan sudah ada. Dan sudah diurus, mudah-mudahan cepat turun SK nya,” ungkap HM Saleh Lasata.

Sementara, berdasarkan informasi yang beredar, tiga pejabat Pemprov Sultra yang sudah pasti akan mengisi posisi di tiga DOB tersebut. Yakni Karo Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Dr Rony Yakob L di Mubar, Karo Pemerintahan La Ode Ali Akbar sebagai Pj Bupati Buteng, Karo Pembangunan Muh ONM Ila Ladamai di Busel.

Hanya saja, pasangan Gubernur Nur Alam ini tidak ingin berandai-andai terkait siapa yang sudah diusulkan untuk mengisi jabatan orang nomor satu ditiga daerah itu. Sehingga, terkait siapa yang telah diusulkan untuk jadi Pj Bupati, tinggal menunggu SK Mendagri.

Dia mengakui jika saat ini pemerintahan di tiga DOB dijalankan oleh pelaksana tugas harian yang seyogyanya dilimpahkan ke Sekda kabupaten. Berdasarkan SK Gubernur Sultra, Plh Bupati Mubar Dr Rony Yakob, Buteng Plh Pj Bupati dijabat Sekda Buteng Laode Hasimin, dan Busel dijabat Karo Pembangunan Muh ONM Ila Ladamai.

“Plh Pj Bupati memang sudah turun, Karena itu kewenangan pak gubernur. Termasuk Busel, Pak Illa Ladamai,” tuturnya.

Terpisah, Kabag Otda Biro Pemerintahan mengakui jika usul pengesahan pelantikan tiga Pj Bupati sudah diusulkan sejak lama. Dan dia memperkirakan saat ini sudah berada di meja Mendagri

“Kita sudah usulkan lama. Dan saat ini kita tinggal menunggu kepastian kapan SK nya diteken Mendagri,” ujarnya. (r3/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top