Antam Raih Predikat Khusus The IDX Best Blue 2016 – Hacked by TryDee
News

Antam Raih Predikat Khusus The IDX Best Blue 2016

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio memberikan predikat khusus The IDX Best Blue 2016, kepada PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam).

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio memberikan predikat khusus The IDX Best Blue 2016, kepada PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam).

KENDARI, RSONLINE – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan predikat khusus The IDX Best Blue 2016 kepada PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Predikat khusus ini diberikan untuk perusahaan tercatat yang mendapatkan pertumbuhan kinerja terbaik dalam satu tahun terakhir.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio, berharap predikat yang diberikan oleh BEI kali ini dapat memberikan sesuatu yang baru dan berbeda, serta melengkapi berbagai pencapaian yang telah di terima oleh perusahaan tercatat.

Menurut Tito, pada prinsipnya BEI mencoba menyusun sesuatu yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Predikat ini hanya diberikan kepada satu Perusahaan Tercatat saja dan predikat tersebut kami beri namaThe IDX Best Blue 2016,” ujar Tito.

Predikat ini juga diberikan untuk memacu Perusahaan Tercatat lainnya untuk menghasilkan kinerja yang baik dan terus bertumbuh yang dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada para investor dan pemegang sahamnya.

Dengan kinerja yang baik dan prospektif maka diharapkan dapat terefleksi pada peningkatan harga sahamnya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan minat masyarakat berinvestasi di pasar modal.

Sementara itu, Kepala BEI Kantor Perwakilan Kendari Epha Karunia Titasari mengungkapkan, dalam menentukan The IDX Best Blue 2016, BEI mencoba melihat saham-saham yang paling diminati untuk ditransaksikan oleh investor dengan turut memerhatikan data yang dimiliki oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

“Data dan fakta tersebut menurut pendapat kami dapat mencerminkan sebuah kepercayaan pasar terhadap perusahaan tercatat yang menjadi pemenangnya,” kata Epha.

Saat ini ada 535 saham dari perusahaan tercatat di BEI dan masing-masing perusahaan tercatat tersebut memiliki perbedaaan dalam hal karakteristik, struktur bisnis, kekuatan keuangan, sampai kepada ukuran bisnis. Mulai dari perusahaan tercatat yang hanya memiliki kapitalisasi pasar beberapa puluh miliar rupiah, sampai dengan kapitalisasi pasar lebih dari Rp 400 triliun.

Kriteria awal pemilihan Perusahaan Tercatat terbaik The IDX Best Blue 2016 adalah pertama, telah tercatat di BEI sebelum Agustus 2015. Kedua, saham Perusahaan Tercatat tidak pernah mendapatkan sanksi penghentian sementara perdagangannya (suspensi) yang disebabkan oleh kesalahan dari manajemen Perusahaan Tercatat dan bukan suspensi yang bersifat cooling down.

Kriteria awal yang ketiga adalah memiliki jumlah saham yang beredar di publik minimal 7,5% dan yang keempat adalah perusahaan tercatat sudah menyampaikan laporan keuangan Juni 2016 dan laporan keuangan Desember 2015. Kriteria awal kelima perusahaan tercatat tidak memiliki ekuitas negatif dan keenam, saham perusahaan tercatat telah ditransaksikan paling sedikit 80% dari jumlah hari perdagangan bursa selama September 2015 hingga Agustus 2016.

Terdapat 419 perusahaan tercatat dari 531 perusahaan tercatat pada Agustus 2016 yang telah memenuhi kriteria awal tersebut. Selanjutnya, sejumlah perusahaan Tercatat tersebut akan diseleksi berdasarkan rangkaian kriteria utama dengan periode data yang digunakan untuk melakukan penilaian adalah September 2015 hingga Agustus 2016. (/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top