Kawal Pembentukan Dinas Pengendalian Penduduk – FAJAR Sultra
News

Kawal Pembentukan Dinas Pengendalian Penduduk

6-Kepala-BKKBN-Perwakilan-Sultra-H-Syahruddin-SH-MSi-kanan-bersama-Kepala-Apdin-BKKBN-RI-dr-Hermansyah-Siregar-saat-mengunjungi-kampung-KB-di-Kabupaten-Konawe-150x150

kepala-bkkbn-perwakilan-sultra-h-syahruddin-sh-msi-kanan-bersama-kepala-apdin-bkkbn-ri-dr-hermansyah-siregar-saat-mengunjungi-kampung-kb-di-kabupaten-konaweH Syahruddin SH MSi

Kepala BKKBN Perwakilan Sultra H Syahruddin SH MSi (kanan) bersama Kepala Apdin BKKBN RI dr Hermansyah Siregar saat mengunjungi kampung KB di Kabupaten Konawe

KENDARI, RSONLINE – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sultra menegaskan bahwa laju pertumbuhan penduduk mesti harus dibendung. Jika tidak maka dapat mengakibatkan ledakan penduduk, yang ditakutkan berpengaruh pada ketahanan nasional.

“Pembentukan dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana ini disebabkan oleh situasi pertambahan penduduk yang sangat mendesak, ini merupakan tanggung jawab daerah dalam hal ini bupati dan walikota untuk mengendalikan jumlah penduduk,” ujarnya.

Pembentukan dinas tersebut, kata mantan Kepala BKKBN Sulteng ini, sesuai instruksi Kepala BKKBN Nomor 166/INT/B4/2016 tentang fasilitasi dan advokasi pembentukan kelembagaan perangkat daerah bidang pengendalian dan keluarga berencana.

“Kami telah melakukan advokasi di kabupaten/kota di Sultra. Kami laporkan keadaan sampai dengan 23 September 2016,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan peraturan kepala BKKBN nomor 162 tahun 2016 tentang hasil pemetaan urusan pemerintah daerah bidang pengendalian penduduk dan KB dari 17 kabupaten kota, terdapat dua Kabupaten dengan typologi besar yakni Kabupaten Kobawe dan Wakatobi.

Dia melanjutkan, untuk tiga belas Kabupaten Kota masuk dalam kategori sedang yakni Kabupaten Kolaka, Muna, Konawe Selatan, Bombana, Kolaka Utara, Konawe Utara, Konawe kepulauan, Muna Barat, Buton tengah, Buton Selatan, Kota Kendari, dan kota Baubau. Sedangkan dua Kabupaten dengan typologi kecil yaitu Kabupaten Buton Utara dan Kolaka Timur.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta kerjasama SKPD KB kabupaten kota dan bagian organisasi sekretariat daerah kabupaten/kota untuk bersama-sama menyelesaikan pembentukan bidang pengendalian penduduk. (p3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top