Prajurit Diminta Netral Dalam Pilkada – FAJAR Sultra
News

Prajurit Diminta Netral Dalam Pilkada

6-HUT-TNI-3-150x150

Gubernur Sultra Nur Alam saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 71.( SUIYATRI/Rakyat Sultra)

Gubernur Sultra Nur Alam saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 71.( SUIYATRI/Rakyat Sultra)

KENDARI, RSONLINE Peringatan hari jadi TNI ke-71 berlangsung meriah di Lapangan Eks MTQ Kota Kendari. Meski diguyur hujan, masyarakat tetap antusias menyaksikan penampilan sosiodrama gabungan anggota Yonif 725/Wrg, Lanud Halu Oleo, Ibu Persit 725/Wrg serta Pia Lanud Halu Oleo dan mahasiswa Universitas Halu Oleo.

Dalam amanat Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo yang dibacakan Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan, TNI wajib terus hidup berdampingan bersama rakyat. Karena hal ini merupakan ciri dari TNI.

“Makna yang terkandung dalam tema yang di usung kali ini mengandung arti TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat, Ini ciri yang tidak boleh pudar. Kesejatian itu harus dikembangkan dan diserasikan dengan pola pikir masyarakat yang lebih modern karena bersama rakyat TNI kuat,” kata Panglima TNI dalam amanatnya.

Nur Alam melanjutkan, dalam amanatnya Panglima TNI juga meminta seluruh prajurit untuk menunjukkan netralitas dalam Pilkada 2017 nanti. Bahkan, instruksi tegas, Panglima TNI meminta kepada seluruh prajurit TNI agar memperhatikan kondisi sekitar terkait netralitas tersebut.

“Dalam Pilkada serentak 2017, Panglima TNI sudah memerintahkan kepada seluruh anggota TNI untuk wajib mengedepankan netralitas dalam segala tahapan pilkada,” sambung Nur Alam.

Seluruh prajurit TNI, baik perorangan maupun secara institusi juga diminta terus memperhatikan kondisi sekitar wilayah masing-masing. Bila perlu melakukan antisipasi cepat dengan melaporkan secara cepat jika menemukan potensi yang bertentangan dengan netralitas setiap aparat dalam Pilkada. Sehingga berbagai macam hambatan dalam pelaksanaan Pilkada secepatnya diatasi.

Perayaan Sederhana

Meski pelaksanaan HUT TNI ke-71 tahun 2016 ini dirayakan secara sederhana, tetapi yang menarik adalah tetap menonjolkan kearifan lokal. Hal itu sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menariknya, perayaan HUT TNI ke 71 yang digelar di Lapangan Eks MTQ Kota Kendari itu, empat veteran mendapat kado indah. Mereka diberi rumah yang diserahkan langsung Gubernur Sultra Nur Alam. Seketika, aura kebahagian muncul melalui senyum saat berjaba tangan dengan orang nomor satu di Sultra beserta para pimpinan TNI di Sultra.

Ketua Panitia Pelaksana HUT TNI ke 71, Danlanud Letkol (P) Rizaldy Epranza, ST menuturkan, pemberian hadiah rumah bagi para veteran itu didasarkan atas jasanya selama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Berkat kerja keras dan dedikasi meraka sewaktu masih aktif sebagai parjurit menjaga persatuan dan kesatuan kita dapat berdiri disini, jadi mari kita jaga mereka seperti mereka menjaga kedaulatan negara kita dulu,” pungkasnya.

Ia mengingatkan, kepada seluruh masayarakat Sultra untuk tetap bersama TNI dan Polri bersama menjaga kedaulatan dan kekompakan serta mendorong pembangunan Sultra agar tetap jaya disegala bidang. (m4-p2/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top