Dukcapil Konawe Buka Pelayanan KIA Gratis – Hacked by TryDee
News

Dukcapil Konawe Buka Pelayanan KIA Gratis

UNAAHA, BKK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Konawe saat ini sedang membuka pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Pengurusannya gratis tidak dipungut biaya.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Konawe, Rais, KIA merupakan program nasional. Dan untuk di Sultra, Kabupaten Konawe yang baru mendapat kesempatan untuk uji coba program ini.

“Kita disediakan 41.250 keping. Termasuk blanko formulirnya,” jelasnya kepada wartawan belum lama ini.

Dikatakan, KIA diperuntukkan untuk anak diusia 0-17 tahun. Tujuannya sebagai kartu identitas sebagai syarat pelayanan publik, misalnya pengurusan administrasi pendafataran di sekolah, layanan kesehatan RSUD dan Puskemas , transaksi keuangan. Serta pengurusan administrasi lainnya.

Dalam KIA tercantum seluruh identitas anak dan alamat domisili. Program ini juga sebagai bentuk pencegahan perdagangan anak.

“Dengan kata lain ini kartu identitas sah untuk anak-anak. Atau sebut saja KTP anak,” paparnya.

Menurutnya, sejak program ini turun di Kabupaten Konawe, pihaknya langsung melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. Dan sekarang ini peminatnya cukup besar. Bahkan operator yang menangani program tersebut mulai kewalahan atas besarnya peminat dari sekolah.

“Sekolah-sekolah tidak putus membawa formulir. Terkadang jumlahnya ada yang 100 bahkan lebih dari itu. Saya katakan kepada mereka (kepala sekolah) launcingnya nanti saya akan pilih sekolah mana yang paling banyak dicetakkan KIA ini. Dan akan diserahkan secara simbolis oleh pak bupati (Kery),” tuturnya. (Cr4/lex)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top