Koltim Rawan Paham Radikal – FAJAR Sultra
News

Koltim Rawan Paham Radikal

RADIKAL-150x150

TIRAWUTA, RSONLINE – Sebagai jalur yang menghubungkan antar dua provinsi, Kolaka Timur (Koltim) menjadi wilayah yang rawan akan penyebaran narkoba dan tindak kejahatan lainnya. Selain persebaran berbagai jenis barang haram, daerah otonomi baru (DOB) ini juga berpotensi akan penyebaran paham radikal yang mampu memecah belah khususnya bagi kaum muslim yang ada di Koltim.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengungkapkan, banyak aspek keamanan, ketertiban dan ketentraman yang harus diwaspadai seluruh masyarakat Koltim. Hal tersebut terungkap dalam rapat Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) lingkup Pemda Koltim, di Kantor Badan Kesbangpol, beberapa waktu lalu.

“Paham radikal yang perlu diwaspadai, saat ini sudah masuk di wilayah Sultra, diantaranya paham Syiah, Ahmadiyah, paham-paham lain yang berkedok agama, seperti yang terjadi di Kecamatan Loea dan paham lain yang perlu dipantau kegiatannya,” cetusnya.

Menurut Ketua Dewan Masjid Koltim ini, pemahaman ekstrim kanan perlu didata ulang karena dinilai bakal mengganggu ketentraman. Sebagai salah satu upaya menghalau pemahaman radikal pemda saat ini tengah giat meningkatkan pemahaman akidah khususnya bagi agama islam dengan mengajak salat berjamaah di masjid.

Selain itu, dibidang pemerintahan umum yang perlu diantisipasi, antara lain illegal loging dan perambahan hutan. Lalu, bidang sosial budaya, diantaranya masalah harga sembilan bahan pokok, ormas dan LSM. Bidang politik, lebih pada pemilihan kepala desa untuk 83 desa se-Koltim, pada Desember mendatang. (cr2/c/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top