Kasihan, Korban Banjir Kolaka Belum Bisa Sekolah – Fajar Sultra
News

Kasihan, Korban Banjir Kolaka Belum Bisa Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA-Tiga hari pasca banjir yang melanda Desa Huko-huko Kecamatan Pomalaa, sejumlah anak usia sekolah masih terlihat sibuk membantu orang tua mereka membersihkan rumah. Selain masih membersihkan, alasan mereka tidak ke sekolah disebabkan belum memiliki seragam dan perlengkapan sekolah. DPRD Kolaka meminta kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk memberi toleransi atas ketidak hadiran para siswa korban banjir ke sekolah untuk beberapa hari.

Putra, murid SDN Huko-Huko yang belum bisa bersekolah karena kehilangan seragam saat banjir.

Anggota Komisi III DPRD Rusman mengatakan, Bupati Kolaka, H Ahmad Safei, telah memerintahkan bagian protokol untuk menyediakan bantuan seragam sekolah dalam jumlah banyak untuk diberikan kepada siswa korban banjir. Hanya saja, karena pembelian yang dilakukan dalam jumlah yang banyak, maka pembelian seragam sekolah juga dilakukan hingga di Kota Kendari. Sehingga untuk dapat memberikannya kepada warga korban banjir, itu membutuhkan waktu.

“Karena banyaknya seragam sekolah, katanya bupati dipesan di Kendari. Jadi, satu atau dua hari lagi baru tiba di Kolaka dan bagikan kepada korban banjir,” kata Rusman.

Dengan belum adanya seragam sekolah siswa, Rusman meminta kepada sekolah ataupun pihak Dinas Pendidikan untuk memaklumi ketidakhadiran siswa korban banjir di sekolah. “Kalau satu atau dua hari kedepan belum masuk sekolah, mohon dimaklumi. Karena mereka belum punya seragam,” imbuhnya
Seorang Siswa, Putra mengatakan dirinya belum dapat bersekolah. Sebab hampir seluruh peralatan dan seragam sekolahnya hilang terbawa banjir. Sehingga siswa ke VI SD itu memilih untuk tidak bersekolah dan membantu orang tuanya membersihkan rumah dan halamannya dari lumpur yang dibawa oleh banjir.
“Saya tidak bisa ke sekolah, soalnya baju sekolahku dibawa air waktu banjir. Jadi lebih baik saya bersihkan saja rumah sambil tunggu bantuan seragam,” tuturnya.

Mengenai kehadirannya di sekolah, Putra menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. “Saya tidak tahu ini, saya dikasih izin atau alpa. Soalnya sudah dua hari ini saya tidak ke sekolah,” ucapnya.
Sementara itu, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kolaka, Sal Amansyah saat coba dikonfirmasi melalui seluler terkait ketidakhadiran siswa korban banjir di sekolah, tidak memberi respons. (ZULFADLY)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top