Menpan-RB Tetapkan Kendari Jadi Role Model – Fajar Sultra
News

Menpan-RB Tetapkan Kendari Jadi Role Model

img_1958

◊ Pelayanan Publik di Indonesia

KENDARI, RSONLINE – Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Asman Abrur, menetapkan Kota Kendari sebagai salah satu daerah yang menjadi role model pelayanan publik di tanah air.

Pemkot Kendari menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sultra, atau hanya 59 daerah di tanah air yang ditetapkan pemerintah pusat, sebagai teladan atau panutan atas model penyelenggaraan pelayanan publik.

Hal tersebut tertuang dalam keputusan Menpan-RB nomor 191 tahun 2016 tentang penetapan 59 kabupaten/kota, sebagai role model pelayanan publik, tertanggal 26 September 2016.

Unit penyelenggaraan pelayanan publik pada 59 daerah yang menjadi role model adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, RSUD, serta unit pelayanan publik lainnya.

Kemenpan RB sendiri menilai, kota Kendari berhasil menjalankan tata kelola pemerintahan dengan baik, dan sudah on track pada penyelenggaraan reformasi birokrasi.

Jika daerah-daerah seperti kota Kendari bisaberhasil, kenapa daerah lain tidak?. Sehingga setidak-tidaknya daerah lain bisa belajar.

Menpan sendiri sejak beberapa tahun terakhir, terus memberikan penilaian atas evaluasi pelayanan publik terhadap seluruh intansi pusat dan daerah.

Dari hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik, hanya sedikit daerah yang mendapatkan penilaian terbaik, salah satunya adalah kota Kendari.

Di Provinsi Sultra sendiri, baik Pemprov Sultra maupun Pemda kab/kota, selain kota Kendari, pelayanan publiknya umumnya masih dibawah standar atau rata-rata mendapat penilaian C atau kurang.

Walikota Kendari Dr. Ir H. Asrun M.Eng, Sc menuturkan, amanat pemerintah pusat yang diberikan ke kota Kendari menjadi role model pelayanan publik, merupakan sebuah kepercayaan besar yang harus dilaksanakan.

Sebab dari 500 kabupaten/kota di tanah air, kota Kendari menjadi salah satu daerah yang diberikan kepercayaan, sebagai daerah panutan atau contoh model pelayanan publik.

Selain itu, penetapan kota Kendari sebagai role model pelayanan publik di tanah air, juga menjadi salah satu bukti pengakuan pemerintah pusat atas keberhasil suatu daerah.

Untuk itu, melalui kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat ini, lanjutnya, pihaknya memastikan akan menyelenggaraan secara maksimal, pelayanan publik semaksimal mungkin di kota Kendari.

“Jadi ini adalah sebuah kepercayaan besar, sebuah daerah dijadikan contoh panutan tentang pelayanan publik, bagi daerah lain. Sehingga amanah ini harus dilaksanakan dengan baik,” tuturnya kemarin.

Pelayanan perijinan Satu Pintu Kota Kendari sebutnya, menjadi pelayanan perijinan satu pintu terbaik tidak hanya pada skala daerah tetapi juga pada skala nasonal, sehingga instansi tersebut sudah dua kali penghargaan nasional.

Begitupun juga dengan RSUD Kota Kendari yang dibangunnya, juga banyak mendapatkan penghargaan nasional, padahal rumah sakit tersebut baru beberapa tahun berdiri, namun sudah menyabet berbagai penghargaan, hal tersebut dikarenakan pelayanan kesehatan yang diterapkan di RSUD kota Kendari dilakukan secara maksimal, paling tidak sesuai standar minimal pelayanan kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Dengan masuknya kota Kendari sebagai salah satu daerah teladan untuk model pelayanan publik, dirinya meminta seluruh instansi di kota Kendari, agar betul-betul berlomba memaksimalkan pelayanan publik, agar bisa memjadi contah bagi daerah lainnya. (ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top