Singkong Gajah Jadi Primadona – FAJAR Sultra
News

Singkong Gajah Jadi Primadona

KOLAKA, RSONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka kini menjalin kerjasama dengan PT Sido Muncul dan Bank Sultra guna mengembangkan tanaman singkong gajah. Budi daya tanaman singkong gajah rencananya akan dilakukan di Kecamatan Polinggona.

Kepala Dinas Pertanian Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Kolaka, Dr Azikin mengatakan, ketertarikan PT. Sido Muncul mengembangkan tanaman singkong gajah merupakan kerjasama yang dapat menambah pundi-pundi ekonomi petani tanpa harus mengorbankan tanaman lainnya.

“Bertani singkong gajah ini dapat menambah penghasilan petani tanpa mesti mengorbankan tanaman lainnya. Silahkan menanam nilam atau apa saja sambil menanam singkong gajah ini,” kata Azikin, Jumat (14/10).

Sebagai tahap awal, Sido Muncul menargetkan penanaman singkong gajah seluas 50 hektar di Kecamatan Polinggona. Sesuai kesepakatan Sido Muncul akan menyiapkan kebutuhan petani, seperti bibit singkong gajah, pupuk organik, serta tenaga pendamping. Selain itu, pihak Sido Muncul merangkul Bank Sultra dalam hal pendanaan bagi petani.

“Bank Sultra menjanjikan bahwa semua kebutuhan petani siap di fasilitasi dengan anggaran Rp 25 juta per hektar, di tambah bunga 1 persen per bulan,” papar Azikin.

Menurutnya, masa panen tanaman singkong gajah dapat dilakukan apabila tanaman berumur 9-10 bulan. Sedangkan harga yang dipatok oleh Sido Muncul yaitu Rp 700/kg dalam keadaan basah.

“Masyarakat yang ingin bertani singkong gajah tak perlu khawatir kalau tanamannya akan sia-sia karena Sido Muncul siap membeli. Selain itu, Bank Sultra telah bekerjasama dengan pihak asuransi sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh alam atau lain hal, maka petani tidak akan dibebankan,” pungkasnya.

Kabupaten Kolaka menjadi salah satu daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menjalin kerjasama dengan PT. Sido Muncul untuk mengembangkan tanaman singkong gajah. Sebelumnya, sepuluh daerah di Sultra yang telah menjalin kerjasama dengan PT. Sido Muncul diantaranya, Konut, Konsel, Koltim, Muna, dan Butur. (p7/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top