Anggaran Pilkada Konawe Naik Drastis – FAJAR Sultra
News

Anggaran Pilkada Konawe Naik Drastis

Sarmadan (Ketua KPU Konawe)

Sarmadan (Ketua KPU Konawe)

KENDARI, RSONLINE – Rancangan anggaran Pilkada Kabupaten Konawe cukup fantastis. Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe sudah mengusulkan ke pemerintah daerah sekira Rp 63 miliar. Dana sebesar itu diakui oleh Ketua KPU Konawe, Sarmadan sebagai imbas dari adanya penambahan honorarium yang naik seratus persen dari pilkada sebelumnya.

“Jadi meningkatnya anggaran pilkada itu disebabkan naiknya honorarium para penyelenggara atau badan ad hock,”ujar Sarmadan kemarin saat ditemui di aula KPU sultra (18/10).

Menurut Sarmadan, postur anggaran itu tidak serta merta ditulis begitu saja. Namun KPU Konawe dua kali melakukan konsultasi ke KPU Provinsi, sehingga keluarlah hasilnya seperti itu. Apalagi akademisi UHO ini menyampaikan bahwa saat ini jumlah penyelenggara yang tercatat mencapai 7000 orang.

“7.000 orang itu kalau gaji yang mereka terima per bulannya Rp 1.8500.000 maka setiap bulan bisa miliaran rupiah yang dipakai KPU untuk menggaji para penyelenggara itu,”tuturnya.

Selain itu, Sarmadan mengaku, jumlah desa/kelurahan yang ada di Konawe lumayan banyak. Dikatakannya, di Konawe tercatat ada 28 kecamatan, 352 desa/kelurahan, dan 501 TPS. Karenanya anggaran Pilkada Konawe untuk 2018 sangat naik disebabkan dengan faktor yang tadi di sebutkan.

“Banyaknya kecamatan, desa serta TPS ikut mempengaruhi meningkatnya anggaran Pilkada Konawe,” paparnya.

Untuk diketahui, usulan anggaran KPU Konawe sudah masuk ke meja pemda Konawe. KPU tinggal menunggu panggilan dari pemda untuk pembahasan anggaran tersebut. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top