OJK-Perbankan Edukasi Masyarakat Lewat “Geraiku” – Fajar Sultra
News

OJK-Perbankan Edukasi Masyarakat Lewat “Geraiku”

Widodo

Widodo

KENDARI, RSONLINE – Suatu daerah dengan tingkat literasi dan inklusi keuangan yang tinggi cenderung memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi pula, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya daerah yang tingkat inklusi keuangannya rendah juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang rendah.

Masalah yang dihadapi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan (IJK) saat ini adalah pemahaman masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan. Masalah lain. rendahnya akses masyarakat ke lembaga keuangan. Akibatnya, banyak masyarakat terbelit rentenir yang merugikan mereka.

Karena itu OJK Sultra bersama IJK di Sultra baik perbankan maupun nonbank akan melaksanakan Gerakan Inklusi Keuangan (Geraiku) dengan tagline Inklusi Keuangan untuk semua pada 29-30 Oktober mendatang di lapangan eks MTQ.

“Inklusi keuangan merupakan kegiatan nasional yang serentak dilaksanakan 34 kantor OJK yang ada di Indonesia pada Oktober ini. Tujuannya, untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat. Terutama akses keuangan pada lembaga formal seperti perbankan,” ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Widodo, Selasa (18/10).

Selain melibatkan IJK (Perbankan dan Non Bank), OJK juga melibatkan Pemrov Sultra dan instansi terkait lain seperti Bank Indonesia, Kantor Pajak dan Satgas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Untuk perbankan, sebanyak 27 bank terlibat dalam inklusi keuangan yang diikuti. Sementara IJK non bank melibatkan sejumlah asuransi, Pegadaian, BPJS, Bursa Efek, Jasaraharja dan beberapa IJK nonbank lainnya.

“Hampir 100 persen IJK yang ada di Sultra akan ambil bagian, karena diacara itu juga IJK bisa mengenalkan produk-produknya lebih dekat kepada masyarakat yang berkunjung. Kegiatan ini juga harus dimanfaatkan masyarakat Sultra khususnya masyarakat Kota Kendari untuk mengetahui produk-produk IJK. Masyarakat juga dapat berkonsultasi kepada IJK untuk mengetahui produk apa yang diperlukan jika dia memiliki kebutuhan tertentu,” jelasnya.

Pada dasarnya, Inklusi Keuangan yang diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat Sultra agar pemahaman masyarakat meningkat, dengan pemahaman yang meningkat terhadap produk perbankan maka otomatis inklusi keuangan juga ikut terdorong.

“Output yang kami harapkan, pemahaman masyarakat terhadap produk-produk IJK membaik dengan pemahaman yang meningkat masyarakat dapat mempersiapkan masa depannya dengan memanfaatkan berbagai macam produk IJK. Dengan pemanfaatan produk-produk IJK juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya tidak mudah tertipu dengan produk abal-abal yang marak ditawarkan,” jelasnya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemilihan Putri Industri Jasa Keuangan (IJK) yang masing-masing diutus oleh perbankan di Sultra. Pemilihan Putri IJK akan menitikberatkan penilaian salah satunya pada intelegensi dan teknik pelayanan terbaik kepada nasabah. Selain itu, kegiatan terbesar perbankan yang pernah ada ini juga melibatkan dua media sebagai media patner yakni Harian Rakyat Sultra dan M Radio. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top