Pilkada Serentak Masih Rawan – FAJAR Sultra
News

Pilkada Serentak Masih Rawan

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka berbincang bersama Direktur Harian Rakyat Sultra H Abdul Haliq SE, saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Sultra, Rabu (19/10).( JUFRIANTO KASIM / Rakyat Sultra)

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka berbincang bersama Direktur Harian Rakyat Sultra H Abdul Haliq SE, saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Sultra, Rabu (19/10).( JUFRIANTO KASIM / Rakyat Sultra)

♦ Kabinda Sultra Silaturahmi ke Rakyat Sultra

KENDARI, RSONLINE – Potensi kerawanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) serentak di Sulawesi Tenggara tahun 2017 diperkirakan masih akan muncul. Potensi kerawanan itu akan diantisipasi oleh Polri, TNI, dan Badan Intelijen Negera (BIN) Daerah Sultra.

Diketahui, beberapa kabupaten/kota akan ikut dalam Pilkada serentak 2017 mendatang. Diantaranya, Kabupaten Buton, Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Kabupaten Buton Selatan (Busel), Kabupaten Muna Barat (Mubar), Kabupaten Kolaka Utara, dan Kota Kendari.

Hal itu diungkap Kepala BIN Daerah Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka saat melakukan silaturahmi ke kantor Harian Rakyat Sultra, kemarin, Rabu (19/10).

Andi Sumangerukka mengatakan, dalam mengamankan Pilkada agar tetap lancar dan damai, ia bersama anggotanya akan memantau langsung pelaksanaan Pilkada serentak. Bahkan saat ini pihaknya telah melakukan deteksi dini di seluruh kabupaten kota yang akan menyelenggarakan Pilkada. Langkah itu dilakukan untuk mencegah berbagai aksi dan tindakan yang dapat mengagalkan nilai-nilai demokrasi dan Pancasila.

“Potensi Pilkada tahun 2017 mudah-mudahan akan lebih kondusif, akan tetapi potensi keributan disinyalir akan ada. Maka untuk hindari itu kita cegah secara dini,” kata Andi Sumangerukka.

Menurut dia, riak-riak Pilkada tahun 2017 mulai nampak. Diantaranya aksi Demontrasi mulai bermunculan. Sehingga itu dapat dijadikan barometer untuk mencegah konduksifitas pada saat hari pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2017.

“Memang sudah ada, tapi hal itu masih bisa dikatakan santun, hanya gunakan mobil, toa atau sound sistem lalu keliling-keliling saja sambil orasi,” terangnya.

Disela-sela kunjungannya, Andi Sumangerukka juga mengharapkan kepada media agar bersama-sama masayarakat, TNI, dan Polri memantau dan mengawasi pelaksanaan Pilkada di Sultra.

“Saya berharap, kita bisa tetap bersinergi dengan teman-teman media,” harapnya.

Sementara, Direktur Harian Rakyat Sultra, H Abdul Haliq SE menyambut positif kunjungan Kepala BIN Daerah Sultra Andi Sumangerukka. Menurut dia, harian Rakyat Sultra sangat memperhatikan kepentingan publik.

“Makanya pemberitaan yang masuk kita juga saring. Khawatirnya, ketika berita itu terbit dan mengancam stabilitas, kita lebih memilih untuk mengcut,” katanya. (p2/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top