Plt Bupati Buton Diproses Mendagri – Fajar Sultra
News

Plt Bupati Buton Diproses Mendagri

KENDARI, RSONLINE – Terhintung hampir dua minggu usulan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini pun usulan tersebut sementara dalam proses dan belum jelas kapan diteken Mengadri Tjahjo Kumolo.

“Sudah sekitar 10 hari kita usulkan, dan saat ini masih dalam proses di Kemendagri. Tetapi kita belum tau kapan keluar SK Plt Bupati Buton,” ungkap Kabat Otda Biro Pemerintahan Setprov Sultra Tomi Indra Sukiadi, Kamis (20/10) saat dikonfirmasi via selulernya.

Tomi Indra Sukiadi

Tomi memperkirakan SK Plt Bupati Buton akan diteken Mendagri sebelum jadwal kampanye yakni pada 24 Oktober. Setidaknya masih ada waktu sekitar empat hari lagi, proses usulan Plt Bupati Buton ditandatangani Mendagri.

Dalam usulannya, Tomi mengaku pihaknya mengusukan tiga nama ke Kemendagri untuk menduduki jabatan sebagai Plt Bupati Buton. Sayangnya, dia belum bisa menyebutkan siapa-siapa nama yang telah diusulkan Gubernur Sultra untuk menjalankan roda pemerintahan di Buton. Hanya saja, dia memberikan gambaran, yang diusulkan ke Kemendagri yakni para pejabat eselon II dilingkup Pemprov Sultra.

“Yang jelas pada 24 Oktober itu pasti sudah ada SK nya. Karena waktu kampanye sudah berjalan,” ujarnya.

Usulan Plt wajib diusulkan oleh gubernur berdasarkan instruksi dari Mendagri melalui surat bernomor T.856/7676/OTDA dijelaskan, untuk menjaga stabilisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah selama kepala daerah dan wakil kepala daerah menjalankan cuti diluar tanggungan negara diminta untuk segera mengusulkan 3 nama calon Plt Bupati atau Walikota.

Kemudian, Plt Bupati Buton nantinya akan menjalan tugas utama yaitu pelaksanaan administrasi pemerintahan hingga masa cuti kampanye Umar Samiun berakhir pada 11 Februari 2017 dan untuk pengusulan nama Plt paling lambat tanggal 14 Oktober 2016.

Dalam usulan tersebut, kata dia, harus memperhatikan kompetensi masing-masing calon dengan melampirkan dokumen persyaratan yaitu daftar riwayat hidup, SK jabatan terakhir dan SK pangkat terakhir dari masing-masing calon yang diusulkan.

SK pengusulan nama-nama tersebut ditujukkan kepada Mendagri dan ditembuskan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri melalui Unit Layanan Administrasi (ULA) Kemendagri. (r3/b/din)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top