Wabup Pimpin Operasi, Tujuh Kubik Kayu Ilegal Diamankan – FAJAR Sultra
News

Wabup Pimpin Operasi, Tujuh Kubik Kayu Ilegal Diamankan

Wakil-Bupati-Menangkap-tangan-ilegal-login-kayu-di-2-desa-di-Koltim-hendak-menaikan-di-Mobil-truk-damping-4-1024x616

Truk pemuat kayu ilegal berhasil ditangkap oleh tim yang dipimpin Wabup Koltim, Andi Merya Nur. Foto: Kusrin

KENDARIPOS.CO.ID,TIRAWUTA—Aksi illegal logging di Kolaka Timur (Koltim) terus menjadi perhatian Pemda setempat. Tidak tanggung-tanggung, Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur turun langsung memimpin operasi penangkapan kayu ilegal. Hasilnya, tujuh kubik kayu yang tak didukung dokumen sah berhasil diamankan.

Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur mengatakan, operasi yang dilakukan itu menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Kominda pada beberapa waktu lalu. Operasi yang dilakukan bertujuan menertibkan penebangan hutan yang tidak memiliki izin.
“Jika masyarakat tidak mau diberitahu tentang fungsi hutan bagi kelangsungan hidup, maka rusaklah hutan yang selama ini dirawat oleh pemerintah. Jadi kita juga berharap adanya kerjasama berbagai pihak terutama masyarakat untuk sama-sama menjaga hutan yang masih perawat, jangan malah kita yang merusaknya,” tutur mantan anggota DPRD Kolaka itu, Kamis (20/10).

Ketua DPD NasDem Koltim itu mengungkapkan, operasi perdana itu akan ditindaklanjuti pada rapat-rapat selanjutnya. Hasil dari operasi illegal logging akan segera dilaporkan kepada Bupati Koltim, agar disampaikan pada pemerintah provinsi (Pemprov), karena saat ini, kehutanan sudah masuk dalam kewenangan Pemprov.

Ditambahkan, kayu yang ditangkap sebanyak 7 kubik pada Rabu, (19/10) tersebut hendak dibawa di Kecamatan Mowewe. “Sudah dilaporkan dan dibawa semua alat bukti beserta mobilnya kepada Kapolsek Uluiwoi untuk ditindaklanjuti, semoga pembalakan liar bisa berkurang,” harapnya.

Kadis Kehutanan dan LBH Koltim, Mustakim Darwis mengungkapkan, operasi yang dilakukan merupakan wujud keprihatinan pemerintah daerah terhadap hutan di Koltim. “Dari laporan masyarakat ada sembilan mobil yang selalu lalu lalang mengangkut kayu. Olehnya, kami sudah mengimbau masyarakat untuk menangkap mobil yang memuat kayu tanpa izin,” katanya. (kusrin)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top