Pasar Industri Kreatif Masih Potensial – FAJAR Sultra
News

Pasar Industri Kreatif Masih Potensial

KENDARI, RSONLINE – Pasar industri kreatif masih sangat luas untuk terus dikembangkan di Kota Kendari. Namun, ini perlu digarap secara maksimal oleh para pelaku usaha, demi menghasilkan produk berkualitas dan berdaya saing. Tidak hanya skala lokal Kendari, tetapi bisa menasional.

Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Kadin Sultra, Sulkarnain Kadir, Kamis (20/10) menjelaskan, industri kreatif adalah bagian usaha yang fokus pada kreasi dan inovasi. Dukungan kekayaan budaya dan tradisi lokal katanya menjadi salah satu sumber kreatif.

“Beberapa jenis industri kreatif di Kota Kendari, jika dikembangkan gaungnya bisa bicara banyak sampai tingkat nasional bahkan internasional. Misalnya jasa desain bangunan dan perumahan baik untuk interior maupun eksteriornya. Sekarang kan banyak orang suka modifikasi rumah atau rumah toko (ruko). Nah itu peluang besar bagi jasa arsitektur,” tuturnya.

Industri kreatif lain yang bisa dikembangkan kata Sul adalah perancang busana yang bersentuhan dengan gaya hidup sebagian orang. Beberapa orang ingin tampil lebih fashionable, lebih prima dan menarik sehingga tak jarang rela merogok kocek dalam jumlah besar.

“Ini peluang bagi pekerja atau karyawan maupun pelajar untuk melirik bisnis busana dengan berbagai konteks pendekatan bisnisnya mau direct, selling, atau online,” terangnya.

Berikutnya, kata dia, bisnis periklanan yang mencakup iklan di luar ruangan, produksi material iklan, proses iklan tersebut. Dalam promosi sebuah iklan bisa memanfaatkan beberapa media seperti media cetak, media elektronik, membuat sebuah poster atay pamflet dan juga mengedarkan brosur.

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) Sultra itu menilai, begitu banyak berkembang industri kreatif di Kota Kendari dengan tingkat penyerapan tenaga kerja cukup signifikan. Kadin Sultra mendorong agar pemerintah menfasilitasi agar industri kreatif memiliki peluang untuk melakukan promosi baik bertajuk expo maupun iklan media.

“Pemerintah perlu secara rutin menyelenggarakan promosi dan membangun kawasan pengembangan industri kreatif,” imbuhnya. (p6/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top