Penetapan Calon Kada, Umar-Bakrie Calon Tunggal – FAJAR Sultra
News

Penetapan Calon Kada, Umar-Bakrie Calon Tunggal

FOTO-PILKADA

BUTONPOS.COM, BOMBANA–Jika tidak ada aral melintang, hari ini Senin (24/10), Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tujuh daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 akan menetapkan pasangan calon kepala daerah.

Tujuh daerah tersebut diantaranya, Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Muna Barat, Bombana, dan Kota Kendari.

Belum ada informasi siapa saja yang akan lolos dan yang tidak lolos dari sekian bakan calon (Balon) yang mendaftarkan diri di tujuh daerah itu. Namun informasi yang dihimpun koran ini, di Kabupaten Buton tetap hanya satu pasangan, Buton Tengah dua pasangan, Buton Selatan masih tetap empat pasangan, dan Muna Barat dua pasangan.

Sementara Balon di Kabupaten Bombana, dari empat pasangan yang mendaftar dana dinyatakan berkasnya memenuhi syarat, kemungkinan besar tinggal dua pasangan yang akan lolos. Dua pasangan tersebut yakni Tafdil-Johan dan Kasra Jaru Munara-Manarfa. Kedua pasangan ini melalui jalur partai politik (Parpol).

Sedangkan dua pasangan lainnya yang melalui jalur perseorangan atau jalur independen kemungkinan besar akan kandas.

Berdasarkan hasil pleno KPU Bombana tentang rekapitulasi syarat dukungan persorangan, pasangan Atikurahman-Achmad Nompa (Armada) dan Muhamad sahir-Kaharuddin (Sangkar) tidak mampu memenuhi ketetapan standar minimal.

BACA JUGA:

Balon Kada Bombana Tak Penuhi Syarat

Dari standar yang disyaratkan KPU sebanyak 10.745 dukungan KTP, Pasangan Armada hanya mampu mengumpulkan 7.158 dukungan KTP yang sah, sebagaimana hasil verifikasi faktualisasi di lapangan.

Sementara pasangan Balon Sangkar. Dari standar minimal syarat calon perseorangan, pasangan ini hanya mampuh memenuhi 9.954 dukungan sah.

Kordinator Divisi Teknik Kepemiluan KPU Bombana, Ashar SP mengatakan penetapan cakada untuk Pilkada 2017 itu akan dilakukan secara serentak di KPUD se-Indonesia.

“Agendanya begitu. Senin itu (24 Oktober) hari H penetapan dari bakal calon menjadi calon, bagi yang memenuhi syarat untuk maju di Pilkada 2017,” ujar ashar.

“Kami belum bisa bocorkan siapa-siapa yang akan lolos dan akan bertarung di Pilkada Bombana, nanti di tanggal 24 Oktober baru kita bisa diumumkan,” tukas Ashar.

Sementara di Kabupaten Buton, hanya Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry yang dinyatakan memenuhi syarat. Karena itu Umar Samiun sapaan akrab Samsu Umar Abdul Samiun yakin akan ditetapkan menjadi calon tunggal di Pilkada Buton, 2017 mendatang.

“Tanggal 24, hari Senin disana sudah penetapan calon. Dan alhamdulillah disana tetap satu calon cuman head to head antara saya dan Pak Bakry melawan kotak kosong. Kalau ditanyakan optimis, saya optimis karena tahapan di KPU itu sudah berjalan,” tegasnya. (dar)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top