Tina Nur Alam Lantik Ketua Dekranasda Wakatobi – FAJAR Sultra
News

Tina Nur Alam Lantik Ketua Dekranasda Wakatobi

WANGIWANGI, RSONLINE – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulawesi Tenggara yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Tina Nur Alam, melantik Ketua Dekranasda Kabupaten Wakatobi masa bakti 2016-2021 , Hj Safaria Arhawi, di Aula Pesanggarahan Budaya Wakatobi, Jumat (21/10).

Pelantikan Ketua Dekranasda Wakatobi, Jumat (21/10).

Pada hari yang sama Tina juga melantik Safaria sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Wakatobi untuk lima tahun ke depan. Dalam pelantikan, Hadir Bupati Wakatobi Arhawi dan Wakil Bupati Ilmiati Daud, bersama jajarannya.

Usai melantik, Tina meminta pengurus Dekranasda yang terbentuk agar segera membuat program strategis dalam mendorong perkembangan usaha mikro kecil menegah (UMKM) dan para perajin lokal di Kabupaten Wakatobi.

Menurutnya, banyak produk unggulan di daerah yang berkualitas dan layak menembus pasar ekspor. Untuk itu sangat penting maksimalisasi produk. Utamanya menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Apalagi Wakatobi ini sudah dikenal luas di mancanegara,” ujarnya.

Dikatakan, dalam setiap kesempatan seluruh pengurus Dekranasda di Sultra ditekankan agar produk unggulan seperti tenun lokal daerah urgen dikembangkan, baik dari segi motif maupun kualitasnya agar mampu bersaing dengan produk impor.

“Kekhasan tenun Wakatobi yang sudah ada yang memang berbeda dari kabupaten/kota lain di Sultra harus terus ditingkatkan dari segi kualitas. Harus ada inovasi terus,” pesannya.

Kerja sama Dekranasda Sultra dengan Cita Tenun Indonesia (CTI), diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh Wakatobi dalam memaksimalkan kualitas perajin.

Tina juga meminta kepada Bupati Wakatobi Arhawi, untuk memperhatikan dan memberikan mendukung penuh terhadap pengembangan dan aktivitas Dekranasda di Wakatobi. “Setiap program pemerintah daerah kita harapkan bersinergi dengan Dekranasda,” kata legislator PAN itu.

Sementara itu, Safaria Arhawi, mengaku siap mengemban amanah tersebut. Kata dia, berbagai program akan direalisasikan agar Wakatobi kian dikenal dunia utamanya dari sisi kerajinan dan budayanya. (alp/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top