Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Awet Muda – Fajar Sultra
News

Manfaat Talas untuk Kesehatan dan Awet Muda

TALAS (colocasia esculenta), atau Taro (Inggris) saat ini sedang ramai digunakan oleh banyak orang untuk diolah menjadi makanan dan minuman yang variatif. Mulai dari kudapan-kudapan ringan yang lucu dan unik hingga olahan minuman dan eskrim.

Setidaknya terdapat tiga jenis talas yang dikenali oleh masyarakat, yaitu talas pandan, talas ketan dan talas banteng. Dilansir Health Benefit Times banyak manfaat taro salah satunya untuk memperlancar aliran darah dan mencegah darah tinggi.

Untuk saat ini, talas pandan menjadi salah satu varian rasa yang menjadi favorit seluruh kalangan. Selain rasanya yang manis, warnanya yang keunguan semakin mempercantik olahan makanan satu ini. Namun ternyata, dibalik rasa unik Taro, terdapat banyak sekali manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. (cr1/JPG)

1. Membantu Diet Sehat

Seringkali wanita selalu salah dalam menjalankan diet dengan cara yang tidak sehat sehingga membuat kondisi tubuhnya mudah terkena penyakit. Kebanyakan wanita memilih untuk menghindari nasi dan karbohidrat agar semakin cepat mengalami penurunan badan. Akan tetapi, nyatanya tubuh kita juga sangat membutuhkan unsur karbohidrat.

Disebutkan bahwa umbi-umbian adalah unsur yang paling sehat sebagai pengganti nasi dan makanan pokok lainnya, salah satunya dengan mengkonsumsi talas. Di dalam 100 gram talas terdapat 142 kalori dan hanya memiliki 0,75 gram lemak di dalam 100 gramnya. Komposisi talas yang juga memiliki kandungan serat sekitar 5,3 gram telah cukup untuk memenuhi sekitar 20,5 persen serat tubuh manusia dalam sehari.

2. Obat Awet Muda

Salah satu alasan mengapa saat ini Talas sedang digemari oleh kalangan wanita adalah kandungannya yang dapat mencegah penuaan dini. Meningkatnya kerutan akibat menurunya kandungan Hyaluronic Acid dapat ditemukan di dalam talas yang memiliki kandungan Hyaluronic Acid alami untuk mengikat kolagen dan serat elastik. Dengan mengkonsumsi talas secara rutin terbukti dapat ampuh untuk kembali meningkatkan kolagen dan keelastisan kulit sehingga kerutan di wajah dapat diperlambat.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain untuk kecantikan kulit, nyatanya makanan satu ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Talas memiliki kandungan vitamin C dan B6 yang berfungsi sebagai antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Antioksidan memiliki fungsi sebagai senyawa yang dapat melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas dan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Talas memiliki kandungan Antioksidan yang cukup banyak dan mampu meningkatkan sistem imun serta metabolisme.

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top