Effendi Janji Jaga Netralitas Pegawai – FAJAR Sultra
News

Effendi Janji Jaga Netralitas Pegawai

KENDARI, RSONLINE – Gubernur Sultra Nur Alam atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo remsi mengukuhkan Kepala Biro Hukum Serpov Sultra Effendi Kalimuddin, sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton, Kamis (27/10) di Aula Sangia Nibandera.

Meski singkat, menurut Gubernur Nur Alam tugas dan tanggungjawab Plt Bupati Buton dianggap bisa lebih besar dibandingkan dengan pejabat (Pj) Bupati yang tidak menghadapi proses pilkada. Bahkan dia menilai, bobotnya bisa dua hingga tiga kali lipat lebih berat.

“Tugas Plt Bupati Buton memiliki beban dua kali lipat dari Pj Bupati yang situasinya tidak dalam momentum pilkada. Bahkan bebannya biaa tiga kali lipat. Sebab prilaku kita (Plt Bupati) bisa dipersepsikan berbeda-beda oleh masyarakat. Mulai dari omongan kita, maupun tindakan kita dimasyarakat maupun dalam jajaran birokrasi,” ujar Nur Alam saat memberikan sambutan usai menyerahkan nota pengantar tugas Bupati Buton.

Apalagi, kata dia kewenangan Plt Bupati yang sepenuhnya hanya sebagai bagian dari delegasi birokrasi secara murni, berbeda dengan posisi secara politik dengan bupati definitif. baik secara kewenangan maupun tanggungjawab kepemimpinan

Makanya, Nur Alam mengingatkan kepada Effendi agar sering berkoordinasi dalam mengambil kebijakan-kebijakan strategsi baik ke provinsi maupun ke Kemendagri.

“Meski singkat tetapi itu jadi pengalaman yang baik. Olehnya itu, jalankan tugas dengan baik sesuai aturan perundang-undangan,” pesan Nur Alam.

Dalam pengukuhan dan penyerahan nota pengantar tugas Plt Bupati Buton itu, Nur Alam memang tidak memakai baju resmi sepeti melantik Pejabat (Pj) ataupun melantik bupati/walikota. Namun dia memakai stelan kemeja lengan panjang warna biru gelap dan celana hitam.

Dia mengaku stelan yang digunakan itu, menyesuaikan peraturan protokoleran. Pasalnya, prosesi penyerahan nota pengantar tugas itu bukan merupakan prosesi pelantikan. Sehingga menurutnya tidak perlu mengenakan seragam kebesarannya.

Terpisah, Plt Bupati Buton Effendi Kalimuddin berkomitmen akan menyelenggarakan pemerintahn yang baik, menjaga ketertiban dan kemanan dalam proses pilkada dan menjaga netralitas pegawai. Point paling penting yakni adalam menjaga netralitas pegawai menjelang proses pilkada 2017.

“Kedepan kami sudah berkoordinasi dengan semua Kepala SKPD, bahwa dalam waktu dekat akan berkumpul dan para camat untuk sama-sama membangun persepsi, bahwa penyelenggaraan pilkada Buton, harus berjalan dengan baik. Selain itu, seluruh pegawai Pemkab Buton harus netral,” tegasnya.

Terkait jaminan netralitas pegawai, menurutnya sebagai Plt Bupati berkewajiban mengingatkan kepada pegawai, agar terselenggarannya pilkada dengan baik.

Tetapi dia akan berlaku tegas jika ada pegawai yang terlibat dalam politik. “Jika memang ada yang terlibat, sebagai kepala daerah tentu akan bertindak sesuai kewenangannya,” pungkasnya. (r3/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top