2017, Lima DOB Berpeluang Terima CPNS – FAJAR Sultra
News

2017, Lima DOB Berpeluang Terima CPNS

KENDARI, RSONLINE – Kabar gembira bagi para pencari kerja di Sultra. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur telah membuka peluang penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum, yang diperuntukan bagi daerah otonomi baru atau pemekaran baru.

Setidaknya ada 500 daerah kabupaten kota yang dianggap layak terima CPNS jalur umur.

Hal ini diakui Sekda Provinsi Lukman Abunawas saat menghadiri peresmian dan serah terima nota pengantar tugas, di rujab gubernur, Kamis (27/10).

“Sudah ada diumumkan untuk formasi umum, terutama guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Kebanyakan untuk kabupaten yang baru,” ungkap Lukman.

Lukman Abunawas

Dia memperkirakan yang akan mendapatkan kuota CPNS yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan. Daerah pemekaran baru yang dianggap memiliki peluang terima CPNS baru jalur umum, berdasarkan hasil penyisiran KemenPAN-RB.

“Rencananya anggaran tahun 2017. Formasinya kalau tidak salah 40 persen itu untuk formasi guru, 30 persen tenaga kesehatan, dan 20 persen itu tenaga teknis lainnya. Kemungkianan akan diumumkan Desember mendatang kuota dan formasinya,” urainya.

Selanjutnya, KemenPAN akan melakukan seleksi secara umum melalui seleksi CPNS jalur umum secara serentak. Kemudian setelah yang diseleksi lulus, maka nomor induk kepegawaian (NIP) akan diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) secara serentak, berdasarkan daerah masing-masing.

Untuk di Sultra sendiri, jendral pegawai itu mengaku telah menyerahkan sekitar 3000 formasi. Hanya saja, kebanyakan yang diserahkan merupakan tenaga honorer yang belum diangkat sebagai pegawai.

“Kebanyakan tenaga K2 yang kita kirim untuk diprioritaskan jadi pegawai. Itu kan yang belum sempat terangkat jadi ASN,” katanya.

Meskipun pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan baru, terhadap pengangkatan tenaga honorer dengan perjanjian kontrak. Dalam hal ini, pemerintah pusat akan memprioritaskan bagi tenaga honorer k2 yang belum terangkat jadi pegawai pada seleksi 2014 lalu.

Tetapi menurutnya, semua tenaga honorer itu akan tetap menjalani tes sebagaimana seleksi CPNS biasanya. Hanya saja, diutamakan bagi honorer k2. Sehingga penyelesaian k2 bisa dituntaskan melalui pengangkatan pegawai dengan perjanjian kontrak. (r3/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top