Sekolah Alam Pacu Jiwa Kewirausahaan Siswa – FAJAR Sultra
News

Sekolah Alam Pacu Jiwa Kewirausahaan Siswa

KENDARI, RSONLINE – Kegiatan berbisnis menjadi bagian dalam kurikulum pembelajaran di sekolah alam. Dalam skop yang lebih sederhana, menyelenggarakan market day sudah menjadi rutinitas sekolah, dimana dalam pembelajaran tersebut siswa diajak berkesempatan mempromosikan, menjual, serta mengelola barang dagangan mereka.

Kegiatan seperti itu bisa dilihat di Sekolah Alam Kendari (SAK). Melalui kegiatan market day tersebut, konsep-konsep pembelajaran kewirausahaan justeru semakin nyata dipelajari oleh peserta didik, karena mereka langsung mendapatkan penjelasan dari para pengusaha yang sudah terbukti berhasil membangun usaha mereka.

“Kami tidak lepas siswa, melainkan melibatkan guru-guru sekolah alam untuk membimbing siswa,” ujar Guru Sekolah Alam Kendari, Beny Saputra Laponangi, Jumat (28/10).

Siswa TK Sekolah Alam Kendari saat menjajakan jajanan dalam program “Market Day” di halaman sekolah, Jumat (28/10).

Beny mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menumbuh kembangkan kemampuan dan minat anak terhadap dunia usaha. Untuk mencapai tujuan itu, lanjut dia, SAK sengaja menghadirkan para pelaku usaha yang sudah terbukti berhasil mengembangkan bisnis mereka, yang salah satunya adalah Yasir guru Sekolah Alam Kendari yang juga pengusaha beras.

“Yasir sebelum menjadi pengusaha beras juga sudah menggeluti berbagai usaha jajanan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, dimana siswa diberikan gambaran mengelola suatu usaha agar dapat menghasikan keuntungan dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

“Dari kegiatan ini siswa mendapatkan wawasan mengenai cara memilih usaha yang tepat, dan mengelola modal. Buat kami, ini adalah upaya nyata untuk membangun life skill anak-anak,” ujar Beny.

Terlihat, dari kegiatannya sekolah alam memang memiliki konsep yang unik dalam mendidik siswa-siswinya. Pembelajaran yang mengarah pada pendekataan nyata menjadi sangat penting agar siswa-siswi mengerti apa yang mereka pelajari untuk bekal hidupnya di masa depan, bukan semata nilai dan angka-angka. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top