Andalalin Sangat Berperan dalam Pembangunan – FAJAR Sultra
News

Andalalin Sangat Berperan dalam Pembangunan

4-Hado-Hasina

KENDARI – Dishub Kominfo Sultra rencananya menggelar sosialisasi analisis dampak lalulintas (Andalalin) bertempat di Hotel Grand Clarion Kendari, Selasa (1/11) dengan tema ‘Menuju Sisitem Transportasi Wilayah yang Aman, Selamat dan Nyaman serta Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Sultra’.

Kadishub Kominfo Hado Hasina mengungkapkan, pentingnya andalalin untuk diketahui semua. Salah satu bentuknya yakni dengan sosialisasi. Hal ini berdasarkan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Hado Hasina

Selain itu, kata dia andalalin diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa Andalalin. Sedangkan, Pemprov Sultra telah menerbitkan Pergub Sultra No. 26 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalulintas.

“Jadi serangkaian kegiatan kajian mengenai dampak lalu lintas dari pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen hasil analisis dampak lalu lintas,” kata mantan Kadis PU Buton Utara, saat ditemui di kantor gubernur, Senin (31/10).

Pentingnya lalu lintas dan angkutan jalan ini karena mempunyai peran yang strategis dalam mendukung pembangunan dan integritas nasional.

Menurutnya, melalui pengoptimalan pengguna jalan dan gerakan lalulintas, maka bisa menjamin keamanan, keselamatan dan ketertiban lalulintas di jalan raya.

Rencananya, sosialiasasi andalalin dibuka Gubernur Sultra Nur Alam. Yang mana akan menghadirkan semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan integrasi pembangunan dan penataan tata ruang wilayah baik kota/kabupaten. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top