DOB Diminta Rincikan Kebutuhan CPNS – FAJAR Sultra
News

DOB Diminta Rincikan Kebutuhan CPNS

KENDARI, RSONLINE – Pernyataan Menpan – RB baru-baru ini terkait rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum, yang diperuntukan bagi daerah otonomi baru (DOB), disambut baik oleh anggota DPRD Sultra.

Apalagi, untuk Sultra sendiri diperkirakan ada lima DOB yang akan mendapat kuota penerimaa CPNSD pada tahun 2017 mendatang, yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Selatan.

“Meski baru sebagai wacana dan belum ada keputusan final, tetapi idealnya sebagai DOB sudah harus mempersiapkan diri untuk merincikan berapa kebutuhan daerah yang dibutuhkan,” jelas Ketua Komisi I ini DPRD Sultra, Taufan Alam ST.

Taufan Alam

Namanya DOB, kata Taufan, pasti masih membutuhkan tenaga pegawai baik dari Kesehata, pendidikan, danlainnya. Hanya saja, masing-masing daerah baik kabupaten maupun provinsi, harus merincikan berapa sebenarnya kebutuhan daerah dalam membuka kuota.

Ia menuturkan, pengalaman selama ini dalam proses prekrutan, daerah selalu tidak bicara maslah kebutuhan tetapi lebih condong pada yang diusulkan bergantung dari pesanan saja. Akibatnya, banyak daerah yang kelebihan pegawai, dan pada akhirnya menjadi beban APBD didaerah setempat.

“Paradigma ini yang harus dihilangkan, BKD provinsi pun harus betul-betul mengawasi kuota dalam proses pegusulan,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk DOB juga sedini mungkin sudah harus melakukan perencanaan soal berapa kuota kebutuhan dan formasi apa-apa saja yang dibutuhkan. Lalu, nantinya meminta kepada pemprov untuk melakukan evaluasi sebelum dibawa ke BKN dan tidak boleh dibawa sendiri oleh masing-masing daerah, sehingga dari situ daerah rincian kebutuhan dapat tertata dengan baik.

Olehnya itu, masih kata dia, untuk mempresure ini, kebetulan besok , Selasa (1-11) hari ini, pihaknya akan menggelar Rapat dengar pendapat (RDP) dengan BKD soal mutasi pegawai.

“Kita juga, sekaligus akan mempertanyakan soal-soal mekanisme rekruitmen CPNSD kedepan, dengan harapan untuk menata daerah di Sultra ini bisa menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.(p8/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top