Hama Penggerek Batang Menyerang, Tanaman Padi Warga Terancam Puso – FAJAR Sultra
News

Hama Penggerek Batang Menyerang, Tanaman Padi Warga Terancam Puso

KENDARIPOS.CO.ID TIRAWUTA- Petani di Ladongi mengeluh. Tanaman padi mereka terancam gagal panen disebabkan serangan hama penggerek batang. Hingga saat ini, instansi terkait belum memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Herman T salah seorang petani di Ladongi mengatakan, akibatserangan hama itu, mereka mengalami kerugian yang besar. Bahkan, hasil panen hanya bisa diprediksi mencapai 50 persen dari biasanya. “Sebenarnya, tanaman ini sudah kami rawat dengan baik, tapi hama penggerek menyerang disertai dengan penyakit lainnya yang menyerang buah. Hingga saat ini, belum ada solusi yang kami peroleh untuk mengatasi masalah ini, termausk dari Dinas Pertanian,” keluhnya.

Jika biasanya, dalam sekali panen petani bisa memperoleh hingga 70 karung, atau tujuh ribu ton, saat ini hanya bisa mencapai 35 karung.

sundep

Plt. Kadis Pertanian, Perikanan, dan Peternakan, Lasky Palaemba menjelaskan, jenis penyakit pengerek batang memang merupakan masalah yang sangat serius. Ia menyarankan, masyarakat lebih proaktif merawat dan melakukan penyemprotan setiap harinya, agar serangan hama bisa dicegah.

Lasky mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini dinas teknis yang menangganinya, memiliki keterbatasan anggaran untuk membantu masyarakat, dia pun hanya bisa memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada masyarakat. Persoalan pendanaan kata dia, sangat minim.

“Kami akan meminta laporan-laporan dari penyuluh dan bidang penyakit, berapa banyak masyarakat yang rugi akibat hama ini, setelah itu kami akan berupaya meminta bantuan kepada Pemprov. Mereka akan menyalurkan kepada kabupaten berdasarkan usulan,” ungkapnya. (kus/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top