Hari Ini, Pasar Wuawua Diresmikan – FAJAR Sultra
News

Hari Ini, Pasar Wuawua Diresmikan

KENDARI – Hari ini, Selasa (1/11) tahun 2016, sekitar pukul 10.00 Wita, Pasar Sentral Wuawua Kendari akan diresmikan penggunaannya oleh Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc.

Atas rencana peresmian itu, sejumlah pedagang telah mempersiapkan menyambut hari H tersebut, dengan mengisi lods, lapak, maupun kios-kios yang telah dimiliki dengan barang dagangan masing-masing.

Rencananya, dalam kegiatan peresmian akan dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkot Kendari, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, perbankan, dan berbagai pihak terkait.

Pasar Wuawua Kendari yang sudah selesai pembangunannya. Rencananya, Senin(31/10) pasar WuaWua akan diresmikan pengunaannya oleh Walikota Kendari. FOTO Jufrianto/Rakyat Sultra.

Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc, berharap dengan diresmikannya pengunaan pasar tersebut bisa mengerakkan ekonomi kerakyatan.

Karena memang pasar tersebut sengaja di revitalisasi untuk menguatkan ekonomi kerakyatan dari serbuan ritel-ritel dan supermarket di kota Kendari.

“Saya harapkan, dengan digunakannya pasar baru ini, perputaran ekonomi di kota Kendari terus meningkat,” tuturnya baru-baru ini.

Dikemukakannya lagi, sebelumnya, kondisi pasar baru sudah sangat tidak layak digunakan untuk berjualan, amburadulnya penataan pasar, disamping kondisi bangunan pasar yang sudah tidak layak digunakan dan terbilang sempit, membuat dirinya memutuskan untuk merevitalisasi pasar tersebut.

Ditambah lagi, saat itu, kondisi area pasar yang sempit, menambah kesemberawutan pasar baru. Sehingga pembeli semakin tidak nyaman lagi untuk datang ke pasar.

Atas kondisi tersebut, Ir Asrun memutuskan untuk membangun pasar baru yang lebih refresentatif lagi baik bagi pedagang maupun pembeli.

Dirinya mulai melakukan sosialisasi kepada para pedagang atas rencananya, dan dilanjutkan pada tahapan relokasi pedagang pasar baru pindah berjualan sementara di pasar panjang.

Setelah seluruh pedagang pasar pindah berjualan ditempat sementara, pasar baru yang kondisinya sempit dan kotor kemudian diratakan. Dan dimulailah pembangunan pasar baru ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunannya oleh Walikota Kendari.

Saat ini, pasar baru dengan wajah baru yang telah dibangun Ir Asrun kembali berdiri kokoh, dan siap menjadi tempat perputaran ekonomi rakyat, ditengah serbuan kehadiran mall dan swalayan milik pemodal besar. (put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top