Tahapan Pilkada Buton Berlanjut – Hacked by TryDee
News

Tahapan Pilkada Buton Berlanjut

KENDARI, RSONLINE – Meski hanya ada calon tunggal di Kabupaten Buton Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memastikan semua tahapan tetap berlanjut. Hal itu disampaikan Ketua KPU Sultra Hidayatullah saat ditemui diruang kerjanya kemarin, Senin (31/10).

Dayat menyampaikan, KPUD Buton tetap akan melaksanakan seluruh tahapan Pilkada. Kata dia, saat ini karena tahapannya adalah tahapan kampanye maka, KPU Buton tetap memfasilitasi calon tersebut untuk turun kampanye.

“Ya tetap berlanjut semua tahapan Pilkada Buton, “ujarnya.

Hidayatullah

Mantan anggota KPU Kota Kendari ini mengatakan, pola kampanye pada daerah dengan calon tunggal, tidak berbeda jauh dengan daerah yang terdapat lebih dari sepasang calon kepala daerah. Bahwa pasangan calon dapat menyelenggarakan rapat umum maupun rapat terbatas. Namun yang berbeda kemungkinan hanya terkait debat.

Menurutnya, kampanye tetap diperlukan meski pilkada hanya diikuti calon tunggal. Sebab pasangan calon dinilai perlu memerkenalkan diri dan program visi misi yang akan dijalankan ketika nantinya terpilih.

Langkah ini penting, sehingga masyarakat dapat menentukan apakah akan memilih pasangan calon tersebut, atau menolaknya.

“Jadi kampanye tetap perlu, karena kami ingin juga calon ini dikenal di masyarakat dan sebetulnya mereka juga harus ada upaya untuk memperkenalkan diri dan program. Apalagi belum tentu juga mereka akan disetujui oleh semua masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, dalam Pilkada Buton hanya ada calon tunggal yakni pasangan Samsu Umar Abdul Samiun-La Bakrie. Sementara pasangan calon lainnya yakni, H Hamin-La Bakrie dicoret KPU sebagai pasangan calon karena dukungan partai politik tidak mencukupi.

Meski Samsu Umar Abdul Samiun sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), KPU tetap menetapkan pasangan itu sebagai pasangan calon dan tidak terpengaruh dengan status tersangka. (p4/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top