5 Februari, Umar-Bakry Kampanye Akbar – FAJAR Sultra
News

5 Februari, Umar-Bakry Kampanye Akbar

FOTO-Umar-Samiun-dan-La-Bakry-ok

BUTONPOS.COM, PASARWAJO–Kendati di Pilkada Buton hanya mengusung satu pasangan calon (Paslon), namun hal itu tidak lantas kampanye dihilangkan. Bila tidak ada aral melintang, kampanye tetap dilaksanakan selama hingga 11 Februari 2017 mendatang.

Komisioner KPUD Buton Ampera menyebutkan saat ini KPUD sudah menetapkan dan membuka masa kampanye Paslon sesuai dengan jadwal dari KPU RI walaupun di Kabupaten Buton hanya ada satu pasangan calon saja. Pun demikian, Paslon rencananya hanya akan kampanye terbatas.

“Untuk kampanye yang dilakukan Paslon saat ini masih dilakukan dengan rapat terbatas, belum melibatkan ribuan simpatisan,” ujarnya.

Menurut informasi jadwal yang disampaikan LO Paslon calon Bupati dan Wakil Bupati Buton, Samsu Umar Abdul samiun dan Drs La Bakry rencananya akan melakukan kampanye akbar pada tanggal 5 Februari 2017 mendatang. Terhitung satu minggu sebelum memasuki masa tenang.

Kabarnya, rapat umum akan dilaksanakan Paslon UB di Lapangan Banabungi, Pasarwajo.

Sementara untuk rapat terbatas, lanjut Ampera, pelaksanaannya akan diserahkan kepada Paslon Umar-Bakry. Sementara pihak KPUD Buton hanya akan memfasilitasi jadwal, lokasi dan membantu memberikan alat peraga kampanye.

Lebih lanjut dijelaskan Ampera, mengenai pertemuan terbatas sambungnya, biasanya Paslon melakukan pertemuan tatap muka dan dialog atau juga kegiatan lain yang tidak bertentangan dengan hukum dan perundang-undangan hingga memasuki munggu tenang. Bahkan Paslon diizinkan untuk berkunjung ke Pasar atau komunitas masyarakat.

“Minggu tenang dijadwalkan tiga hari sejak tanggal 12-14 Februari mendatang,” ujarnya.

Jadwal lainnya, Ampera menyebutkan, KPUD Buton juga akan menggelar debat kandidat. Untuk debat, katanya, berdasarkan hasil koordinasi dengan LO Paslon Umar-Bakry, debat hanya akan dilakukan satu kali yang berlangsung pada tanggal 14 Januari mendatang.

Berhubung Pilkada Buton hanya ada satu Paslon, maka metode debat sedikit berbeda dengan debat lain yang terdiri dari beberapa Paslon.

“Karena hanya satu Paslon, maka debatnya dilakukan dengan metode ada moderator dan ada panelis, panelis ini yang mendalami setiap pertanyaan dari moderator, masyarakat juga bisa bertanya,” ujarnya.

Untuk debat kandidat, KPUD Buton akan mempersiapkan moderator dan panelis yang berasal dari akademisi atau tokoh masyarakat. Debat itu juga rencananya KPUD Buton juga akan mengundang masyarakat, agar dapat melihat secara langsung situasi debat.

Menariknya, dalam aturan debat, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada kandidat calon bupati dan wakil bupati. Hanya saja, mengenai jumlah pertanyaan akan dibatasi panitia debat.

Untuk diketahui, selain menetapkan jadwal kampanye ataupun jadwal debat kandidat, KPUD Buton juga akan membantu persiapan dan pemasangan alat peraga kampanye (APK) hingga pencopotannya saat memasuki masa tenang tiga hari sebelum hari H pencoblosan 12-14 Februari 2017 mendatang.(yen)

Buton Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top