Arhawi Diberi Gelar La Ode – FAJAR Sultra
News

Arhawi Diberi Gelar La Ode

WAKATOBI, RSONLINE – Penyematan Gelar La Ode Ibulilingi Nu Pau i Onemai ( La Ode dikelilingi payung di onemai) diberikan oleh tokoh adat Pulau Tomia kepada Bupati Wakatobi, H. Arhawi, SE saat menghadiri pembukaan Festival Pulau Tomia yang digelar dilapangan Baskara Kecamatan Tomia, Kamis (3/11/2016).

Penyematan Gelar La Ode Ibulilingi Nu Pau i Onemai

Pemberian gelar tersebut dilakukan dengan prosesi adat pulau Tomia dalam menyambut tamu kehormatan yang dilakukan oleh tiga kawati yakni Syara Hu’u kabonto’a Waha, syara Hu’u kame’antu’u tongano, dan syara Hu’u kame’antu’u timu, dimana sang tamu dikelilingi oleh 10 orang tokoh adat yang masing-masing memegang payung dan salah satu diantaranya memayungi tamu tersebut.

Mentuu Agama (Tokoh Agama) pulau Tomia, Kunudin, SIp menjelaskan, prosesi adat tersebut telah lama dilakukan sejak zaman kesultanan Buton dulu. Dimana prosesi ini biasanya dilakukan saat pelantikan Sultan Buton kala itu.

Dia menambahkan, prosesi tersebut kembali dimunculkan dalam acara festival pulau Tomia ini guna memberikan gelar terhadap Bupati Wakatobi.

” Biasanya ini dulu dilakukan dalam rangka pelantikan Sultan di kesultanan Buton. Tapi dalam acara ini kita lakukan dalam rangka memberikan gelar kepada Bupati Wakatobi dengan gelar, La Ode i bulilingi nu pau i one mai atau Te Bupati ibulilingi nu pau i one mai,” jelasnya disela-sela acara.(p14/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top