Bupati Resmikan Ruang Layanan Publik Pelayanan Perizinan – Fajar Sultra
News

Bupati Resmikan Ruang Layanan Publik Pelayanan Perizinan

♦ BP-PTSP Bakal Tempati Kantor Eks Dishut

UNAAHA, RSOLINE – Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BP-PTSP) Konawe menyiapkan ruang layanan publik untuk meningkatkan performa pelayanan pengurusan berbagai dokumen perizinan bagi masyarakat. Peresmian pengoperasian ruang layanan publik BP-PTSP ini dilakukan langsung oleh Bupati Konawe, Kery S Konggoasa, Rabu (2/11).

Kepala BP PTSP Konawe, H Burhan bersama Bupati Konawe, Kery S Konggoasa dan istri berpose bersam usai meresmkman pengoperasian layanan publik BP PTSP Konawe, Rabu (2/11). Foto Lina Rakyat Sultra

Meski dibangun dengan dana seadanya, kata Kepala BP PTSP Konawe, H Burhan, ruang layanan publik PTSP Konawe telah dilengkapi fasilitas layanan sesuai Standar Pelayanan Publik (SPT) yang ditetapkan oleh pemerintah lewat PP no 96 Tahun 2012 tentang pedoman penyelenggaraan pelayanan publik.

Fasilitas dimaksud mencakup area Front Office. Disini ada lima loket layanan disediakan. Diantaranya loket layanan informasi, loket penerimaan berkas, loket kasir, loket penyerahan izin dan loket pengaduan. Sementara di area Back Office terdiri dari staf teknis dan tim teknis perwakilan dari berbagai SKPD pengelola izin.

Ruang layanan publik BP PTSP turut menyajikan informasi mengenai mekanisme pengurusan izin, persyaratan, standar biaya dan waktu pengurusan izin. Informasi ini sengaja dipampang di ruang tunggu pelayanan publik agar bisa diliat oleh masyarakat.

“Semua disajikan secara transparan untuk menekan pungli. Jadi masyarakat bisa baca dan tahu mekanismenya dan berapa lama waktunya. Kecuali sektor kehutanan dan pertambangan, semua izin bisa diproses disini. Untuk yang tidak memerlukan peninjauan lapangan, dokumen izinnya bisa kelar sehari,” urai Burhan panjang lebar.

Usai meresmikan, bupati menyempatkan mengunjungi satu persatu loket-loket pelayanan perizinan. Adanya ruang layanan publik ini diharap Kery mampu mendongkrak angka PAD, mendorong iklim investasi positif di daerah serta meningkatkan antusias masyarakat mengurus legalitas dokumen izin usaha.

Ketersediaan ruang layanan publik perizinan semaksimal mungkin memotong mata rantai panjang pengurusan dokumen perizinan yang selama ini menjadi momok. Tak kalah penting, lanjut Kery masyarakat tak lagi khawatir akan proses pengurusan izin yang berbelit karena fasilitas pelayanan perizinan dapat diakses melalui pintu secara terpadu di PTSP.

Dia pun menyatakan salut atas kinerja BP PTSP yang telah berupaya memberi pelayanan maksimal pada masyarakat. Atas pencapaian kinerjanya, Kery berjanji segera menyiapkan gedung representatif bagi BP PTSP Konawe.

“Kebetulan dinas kehutanan sudah mau kosong. Jadi ini diperuntukkan untuk kantor tetap BP PTSP karena selama ini status kantornya masih pinjam. Kedepan ruang layanan publik sebisa mungkin merekrut staff yang berkualitas, yag cantik biar bisa melayani baik, masyarakat bisa semangat kalau mau urus izin,” ujar Kery.

Janji alokasi gedung representatif memungkinkan instansi ini ikut serta dalam lomba penilaian penyelenggaraan pelayanan perizinan yang rutin digelar pemerintah pusat.

“Kami sangat lega dan berterimakasih pada Pak Bupati. Dulu kita tidak bisa ikut partisipasi lomba penyelenggaraan perizinan karena memang gedung kita masih pinjam. Padahal bila ini terealisasi, kita bisa berpacu dengan daerah lain bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan perizinan pada publik,” ujar Burhan. (lin/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top