Disdukcapil Konut Butuh 5 Ribu Blangko e-KTP – Fajar Sultra
News

Disdukcapil Konut Butuh 5 Ribu Blangko e-KTP

KENDARIPOS.CO.ID. WANGGUDU- Stok blangko e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konut mulai menipis. Blangko e-KTP kini tinggal menyisahkan sebanyak 500 lembar. Padahal, masih ada sekitar 5 ribu warga yang belum merekan KTP elektronik di Konut.

“Blangko e-KTP masih mencukupi sampai November ini. Tetapi kita sudah antisipasi, karena pemerintah pusat pada pertengahan bulan akan mendistribusikan blangkonya,” ujar Kadisdukcapil Konut, Arif Yadi, kemarin.

Menipisnya blangko e-KTP disebabkan adanya beberapa kecamatan yang dilakukan pemekaran seperti Wawolesea, Landawe dan Lasolo Kepulauan, sehingga terjadi perubahan elemen data. “Seperti Lasolo mekarkan menjadi satu Kecamatan Wawolesea. Itukan terjadi perubahan elemen data secara keseluruhan, termasuk desa-desa. Untuk saat ini, sisa blangko tinggal 500, artinya tanggal 15 November itu sudah habis,” tambahnya.

Mantan Kabag Humas Sandi dan Telematika Pemda Konut itu menjelaskan, Disdukcapil Konut akan meminta blangko e-KTP pada pemerintah pusat sebanyak 5.000 blangko e-KTP.

“Itupun kalau pemerintah pusat mau mengakomodir permintaan kita, untuk masuk persiapan 2017, karena bila itu tidak ada pasti menimbulkan kekecewaan masyarakat kalau itu tidak ada,” tambahnya.

Sementara blangko lainnya, seperti kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian dinilai masih teratasi. Hanya blangko e-KTP yang stok nya mulai berkurang. Dia menambahkan warga Konut yang belum melakukan perekaman e-KTP tinggal menyisahkan sekitar 5.000 an lebih dari 11 ribu an wajib e-KTP.

“Sebelumnya kita sudah melakukan perekaman e-KTP sekitar 6.000 an, jadi perhitungan kebutuhan tinggal 5.000 an saja,” katanya. Kendala yang didapatkan terdapatnya sejumlah warga Konut yang pindah tempat tinggal, akibatnya anak-anak warga Konut yang sudah mencapai umur 17 tahun ikutan pindah mengikuti orangtua, termasuk persoalan jaringan dan padamnya lampu turut memperhambat proses perekaman.

“Sekarang ini tetap melaksanakan pencetakan hingga malam. Karena kalau malam jaringannya lebih bagus ketimbang siang,” katanya. (min/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top