KUA Sawerigadi Larang Nikah Dibawah Umur – FAJAR Sultra
News

KUA Sawerigadi Larang Nikah Dibawah Umur

LAWORO, RSONLINE – Kantor Urusan Agama (KUA) Sawerigadi melakukan sosialisasi larangan menikah dibawah umur. Kepala KUA Sawerigadi, La Ode Basitele SAg mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk menghidari maraknya pernikahan dibawah umur yang kerap terjadi di masyarakat. Sosialisasi mengundang sejumlah pihak diantaranya masyarakat, camat, kepala desa, tokoh agama, tokoh dan tokoh adat setempat.

La Ode Basitele

“Ketentuan secara umum dalam Undang-undang Perkawinan yang dijabarkan secara singkat di kompilasi hukum Islam dicantumkan batasan umur untuk dinikahkan yakni 19 tahun bagi laki-laki dan 16 tahun bagi perempuan,” jelas Basitele, Rabu (2/11).

Basitele menjelaskan bahwa pihak KUA tidak dapat memproses atau mencatat pernikahan dibawah umur. Apalagi dengan adanya Sistem Informasi Izin Nikah (Simkah) yang berbasis online tidak dapat menerima data masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan yang belum mencapai umur 16 tahun bagi perempuan dan 19 tahun bagi laki-laki.

“Dalam aturanya, menikah dibawah umur tidak dibenarkan dan kita yang melakukan pencatatan tidak dibenarkan. Namun bukan berarti tidak ada solusi tetap ada solusi. Solusi bagi mereka yang akan menikah dibawah umur adalah harus dengan meminta dispenisasi dari pengadilan namun harus berdasarkan surat penolakan dari KUA. Nanti berdasarkan nomor putusan pengadilan,” jelasnya.

Basitele berharap dengan adanya sosialisasi terkait larang menikah dibawah umur kepada masyarakat pernikahan dibawah umur tidak akan lagi terjadi.

“Saya berharap masyarakat bisa mengetahui bahwa menikah dibawah umur itu tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Lagi pula menikahkan anak dibawah umur sangat besar risikonya. Salah satunya, tingkat kedewasaan mereka belum ada sehingga potensi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga sangat besar hal ini dapat memicu perceraian dalam pernikahan. Olehnya itu para orang tua harus betul-betul sadar akan kosekuensi terjadinya pernikahan dibawah umur ini, ” tutupnya. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top