Makna “Faliako Sofo U Fila”di Festival Pulau Tomia – Fajar Sultra
News

Makna “Faliako Sofo U Fila”di Festival Pulau Tomia

WANGIWANGI, RSONLINE – Setelah sukses dilaksanakan festival Barata Kahedupa dipulau Kaledu Kabupaten Wakatobi beberapa waktu lalu, kini kegiatan yang sama juga diselenggarakan pulau Tomia, Kamis (3/11) hingga Minggu (6/11), yang bertajuk budaya maritim dengan tema, Faliako Sofo Ufila.

Bupati Wakatobi H Arhawi buka kegiatan Festifal di Pulau Tomia.

Dipilihnya tema tersebut bukan tanpa alasan. Camat Tomia, La Ode Safihudin menjelaskan, tema faliako sofo u fila merupakan sologan guna menarik seluruh masyarakat Tomia di seantero Nusantara untuk hadir dan dipersatukan dalam festival tersebut.

Disamping itu kata dia, tema ini juga dimaksudkan guna mengenyampingkan perbedaan dan mempersatukan tiga kekuatan besar dalam kehidupan masyarakat Tomia.

“Poasa-asa, pohamba-hamba yang akan berimplementasi pada tiga kekuatan besar diantaranya, mempersatukan pemerintah dan pemerintah, mempersatukan rakyat dan rakyat serta mempersatukan pemerintah dan rakyat,” jelas La Ode Safihudin, Kamis (3/11/2016).

“Hari ini keluarga kita dari seantero nusantara hadir dengan memegang teguh poasa-asa, pohamba-hamba,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ali menyampaikan, dalam proses menjalankan bahtera visi Wakatobi, telah terlihat dalam terselenggaranya festival hari ini.

Dia menambahkan, Hari ini kembali dimunculkan sebuah pranata norma kehidupan masa lalu untuk dihidupkan kembali.

“Atas keikhlasan kita semua, kita telah menghadirkan kembali kebanggaan kedamaian kehidupan masa lalu kita,” ujarnya

Diapun merasa bersyukur dilahirkan di tanah Tomia dan tumbuh ditengah orang-orang yang mampu menghidupkan kembali budaya masa lalu. Untuk lebih mempererat tali persaudaraan masyarakat Tomia, diharapkan Pemda Wakatobi bisa mendorong ditetapkannya event ini menjadi event tahunan.(p14/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top