PPK dan PPS Jangan Jadi Tim Sukses – FAJAR Sultra
News

PPK dan PPS Jangan Jadi Tim Sukses

3-Muh-Taufan-1024x643

LAWORO, RSONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat mengimbau seluruh angota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak terlibat politik praktis. Komisioner KPU Mubar Muhammad Taufan mengatakan, selain melakukan penyampaian secara lisan ke semua anggota PPK dan PPS, KPU juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait larangan itu.

“Untuk menyukseskan Pilkada Muna Barat, semua penyelenggara mulai PPS dan PPK, harus fokus dengan tugas masing-masing. Kita juga tidak boleh terlibat politik praktis, ” ucap Taufan, Kamis (3/11).

Taufan

Sebagai penyelenggara di tingkat bawah, netralitas PPK dan PPS dalam menjalankan tugas sangat diwajibkan. Menurut Taufan, ini dilakukan untuk menciptakan Pilkada Muna Barat yang bersih tanpa ada keberpihakan kepada salah satu pasangan calon yang dapat merugikan pasangan calon lainya.

Menurut Koordinator Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM ini, PPK dan PPS merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan Pilkada. “Sejak awal kita sudah tanya kepada mereka apakah akan ingin menjadi tim sukses atau penyelenggara. Dan mereka memilih untuk menjadi penyelenggara berarti mereka harus netral. Karena aturan tidak hanya mengatur komisioner KPU tetapi semua penyelenggaran Pilkada dalam hal ini termasuk PPK, PPS, dan KPPS tidak terlibat dalam politik praktis, ” tegasnya

Kata dia jika pihaknya menemukan PPK dan PPS terbukti terlibat politik praktis, maka KPU tidak segan-segan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan.

“Jika ada PPK dan PPS terlibat dalam Politik praktis maka akan ada saksi bagi PPK dan PPS baik itu teguran hingga pemberhentian. Olehnya itu kami harapkan PPK dan PPS untuk tetap fokus bekerja tanpa terlibat dalam politik praktis dan tidak terpengaruh kepada pihak-pihak lain,” harapnya. (p1/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top