Soal Raperda Poligami di Konawe, Ginal Kena Semprot – Hacked by TryDee
News

Soal Raperda Poligami di Konawe, Ginal Kena Semprot

KENDARIPOS.CO.ID.-UNAAHA Anggota DPRD Konawe, Abdul Ginal Sambari, kini menjadi sasaran kemarahan rekan-rekannya di dewan Konawe. Pernyataannya soal rancangan peraturan daerah (Raperda) yang membolehkan masyarakat Konawe poligami, memantik reaksi dari rekannya. Mereka tidak terima dengan pernyataan Ginal, karena dianggap hanya pernyataan pribadi semata, tanpa pernah masuk agenda yang akan dibahas badan legislasi (Baleg).

ILUSTRASI KENDARI POS

“Saya kaget waktu dapat telepon dari teman, bahwa ada pernyataannya pak Ginal soal Raperda poligami. Itu tidak benar. Pak ketua saja kaget. Jangankan ibu-ibu, bapak-bapak saja marah,” kata salah seorang anggota DPRD Konawe, Murni Tombili, saat menyambangi Graha Pena Kendari, Pos, Jumat (4/11) kemarin.

Dia mengatakan, mayoritas anggota dewan marah dengan pernyataan Ginal. Pasalnya, sejauh yang dia tahu, tidak pernah ada usulan apalagi rancangan Perda poligami. Meski tidak masuk dalam komposisi anggota Baleg, namun Murni mengetahui secara jelas, Raperda apa saja yang masuk agenda program legislasi daerah (Prolegda).

“Saya tidak ingat persis, tapi ada 20 Raperda. Diantaranya soal Perda perhubungan. Tapi tidak ada itu soal poligami. Jangankan mau jadi Perda, dibahas saja tidak. Ini semua anggota marah pas tahu ada berita di koran. Kemarin, mereka dipaksa tanda tangan, tapi tidak ada yang mau,” ujarnya.

Menurut ketua fraksi PDIP itu, Ginal bukanlah anggota Baleg, melainkan anggota Badan Kehormatan (BK) yang tugasnya mengurusi etika anggota dewan Konawe. Harusnya, kata dia, Ginal fokus pada Tupoksinya sebagai ketua BK. Bukan malah mengurusi hal yang tidak pernah dibahas yang kemudian menimbulkan polemik di masyarakat.

“Poligami itu harus adil lahiriyah dan batiniyah sesuai sunnah rasul. Tapi sekarang, kalau poligami secara tidak langsung, dia pribadi suruh orang korupsi karena gaji anggota dewan kecil. Tapi yang pasti, tidak ada itu. Hanya dia saja yang ngomong begitu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara yang coba dikonfirmasi, via Handphone namun tidak aktif (Indri)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top