Demi WTP, Muna Perbaiki Data Aset – FAJAR Sultra
News

Demi WTP, Muna Perbaiki Data Aset

RAHA, RSONLINE – Persoalan aset masih menjadi kendala bagi Pemerintah Kabupaten Muna untuk bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulawesi Tenggara dalam hal pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Pemkab Muna tak kehilangan harapan dan terus bekerja keras untuk bisa meraih opini tersebut dengan menuntaskan seluruh persoalan aset, mulai dari pendataannya dan status keberadaan aset tersebut. Pemkab Muna juga saat ini tengah mendapat bimbingan dari BPK untuk proses penertiban seluruh aset milik Pemkab Muna yang tersebar di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Muna, baik aset yang tak bergerak maupun aset yang bergerak berupa kendaraan.

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengungkapkan, pada 2017 mendatang, Muna menargetkan opini WTP dari BPK. “Tahun depan (2017_red) kita target WTP, tentunya seluruh persoalan yang ada, kita akan benahi, termasuk persoalan aset,” kata Rusman.

Mantan Ketua DPRD Sultra ini mengungkapkan, saat ini Pemkab Muna tengah menuntaskan persoalan aset yang dituntun langsung BPK perwakilan Sultra. Katanya, masih banyak persoalan aset yang pelaporannya belum lengkap, serta masih ditemukan aset-aset di sejumlah SKPD yang masih dikuasasi oleh oknum-oknum tertentu.

“Masih banyak aset kita di SKPD, mulai dari dinas sampai di kecamatan yang masih dikuasasi oleh orang-orang tertentu, seperti kendaraan dinas, aset itu ada Kendari, dan Muna Barat. Kami akan melakukan upaya tegas untuk menertibkan aset tersebut, kalau perlu kita tarik paksa,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Muna, Fajaar Fariki yang diwawancarai secara terpisah mengatakan bahwa upaya Pemkab Muna untuk meraih opini WTP bukanlah hal yang mustahil, karena saat ini Kabupaten Muna sudah mampu meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK. “Saat ini Muna sudah WDP plus,” tegasnya. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top