Kades dan Babinsa Berperan Menjaga Kamtibmas – FAJAR Sultra
News

Kades dan Babinsa Berperan Menjaga Kamtibmas

KOLAKA, RSONLINE – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan, peran Kepala Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal itu diungkapkan Kapolda Sultra saat menghadiri kegiatan tatap muka antara pemerintah daerah, TNI dan Polri untuk meningkatkan solidaritas dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di Aula Sasana Praja, Selasa (1/11).

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso bersama Danrem 143 HO, Kolonel Inf Immanuel Ginting saat menghadiri acara tatap muka tiga pilar antara Pemkab Kolaka, TNI dan Polri di Aula Sasana Praja, Selasa (1/11).

“Selaku pilar bangsa, kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus selalu bahu-membahu dalam menyelenggarakan pemerintah di desa sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, akar permasalahan yang menyangkut kamtibmas umumnya berasal dari pemerintahan tingkat bawah. Sehingga penyelenggaraan pemerintah di daerah tidak akan berjalan dengan baik apabila elemen yang terkait tidak bekerja maksimal.

“Penyelenggaraan pemerintah di daerah tidak akan ada artinya apabila Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas tidak bisa bekerja dengan baik,” ujar Agung.

Menyikapi situasi kamtibmas dengan masuknya paham radikal di sejumlah daerah di tanah air, dia menegaskan agar kelompok radikal harus dicegah dan tak boleh berada di NKRI karena hal itu akan merusak tatanan bangsa. Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat tak mudah terprovokasi dengan berbagai isu yang dapat memecah belah persatuan.

“Sesuai dengan arahan Presiden tanggal 24 oktober 2016 bahwa Kepala Desa, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus satu visi, satu garis, dan satu langkah. Hal itu untuk kedaulatan NKRI demi terwujudnya pembangunan nasional,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kolaka, H. Muh. Jayadin mengatakan, kekompakan antara pemerintah daerah khususnya kabupaten Kolaka, Kolut dan Koltim dengan TNI maupun Polri selalu terjaga dengan baik. Hal itu dapat terlihat dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan selalu di dukung oleh aparat Kepolisian dan TNI.

Kekompakan itulah yang dinilainya menjadi magnet tersendiri dalam menjaga kamtibmas di kabupaten Kolaka. Meskipun diakuinya, terkadang ada riak yang terjadi, namun hal itu sering terjadi dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan.

“Kita akui bahwa kadang ada riak namun seperti itulah penyelenggaraan pemerintahan. Jangankan mengurus pemerintahan yang sebesar ini, urus rumah tangga saja kadang ada riak,” pungkasnya.

Pelaksanaan tatap muka tiga pilar antara Pemerintah daerah, TNI dan Polri turut dihadiri oleh Danrem 143 HO, Kolonel Inf Immanuel Ginting, Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara. (p7/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top