Simak Nih.. Prediksi Cuaca di Sultra Pekan ini – FAJAR Sultra
News

Simak Nih.. Prediksi Cuaca di Sultra Pekan ini

images-4

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Dalam dua hari kedepan, cuaca di sejumlah wilayah Sultra diprediksi diguyur hujan. Siklon Meari yang bertiup ke arah utara Papua Barat memicu suhu muka laut meningkat.

Kondisi ini menyebabkan pergerakan suplai massa udara basah di atas atmosfir. Peristiwa alam tersebut membuat intensitas curah hujan mengalami peningkatan. Kondisi cuaca ini diprediksi tidak akan lama. Sebab secara perlahan pergerakan badai itu mulai bergerak menjauhi Indonesia.

Bukan hanya memicu curah hujan, Siklon tropis yang terpantau melalui satelit Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini mengakibatkan ketinggian gelombang. Udara yang bertiup ke arah utara dengan mencapai kecepatan 75 kilometer perjam atau 40 knot menyebabkan laut di sejumlah perairan Indonesia tidak bersahabat. Di daerah perairan menuju Buton Utara dan Wakatobi ketinggian gelombang mencapai 4 meter.

“Di Kendari, pada umumnya cuaca mendung disertai hujan kecil. Diperkirakan kondisi ini akan terjadi dalam beberapa hari terakhir. Namun cuaca ini hanya terjadi pada waktu tertentu seperti menjelang sore atau malam hari. Itu pun hanya hujan lokal,” kata Aris Yunatas, Kasie Observasi dan Informasi Stasion Metereologi Maritim Kendari, Jumat (4/11).

Fenomena alam ini sambung prakirawan cuaca tersebut, mengakibatkan tekanan udara rendah. Berdasarkan pengamatan, tekanan udara mencapai 996 mb (hari ini). Diprediksi tekanan udara turun 992 mb. Kondisi ini menyebabkan suhu muka laut menghangat dan memicu proses kondensasi sehingga berpotensi turun hujan. Begitupun dengan kecepatan udara. Dalam 2 hari terakhir, angin bertiup dengan kecepatan antara 65 sampai 75 kilometer perjam.

Di beberapa wilayah perairan, potensi gelombang antara 2,5 hingga 4 meter. Untuk itulah, pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur di daerah pesisir diminta lebih waspada.
Sebab cuaca ini berpotensi menyebabkan banjir, tanah longsor, genangan air hingga pohon tumbang. Di wilayah perairan, gelombang tinggi bisa menyebabkan musibah kapal karam. Kalau cuaca tidak memungkinan, diminta tak memaksakan keberangkatan.

“Kondisi cuaca ini diperkirakan hanya terjadi beberapa hari saja. Apalagi secara global, Sultra masih berada periode musim kemarau,” kata pria yang akrab disapa Aris itu. (c/mal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top