Surunuddin Janji Sepasang Bibit Sapi Setiap KK – Hacked by TryDee
News

Surunuddin Janji Sepasang Bibit Sapi Setiap KK

ANDOOLO – Pasca ditetapkan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebagai sentra bibit sapi se-Sultra, dinas terkait intens melaksanakan pertemuan teknis pembinaan petugas inseminasi buatan (IB) terhadap sejumlah peternak sapi. Kamis (3/11), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan) Kabupaten Konsel melaksanakan pembinaan terhadap sejumlah sentra peternakan rakyat (SPR) di berbagai kecamatan.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga mengungkapkan, mulai menyiapkan personel yang handal untuk mengelola pengembangan bibit sapi. Pasalnya, pada 2017 mendatang, Pemkab Konsel menargetkan bibit sapi sudah bisa berkembang hingga 10 ribu ekor.

“Dalam waktu singkat ini kita akan ditetapkan sumber bibit sapi di Sultra. Jadi perlu merekrut tenaga handal,” ujar Surunuddin.

Di Sulawesi, kata dia, hanya dua daerah yang ditetapkan sebagai daerah bibit sapi yakni Kabupaten Bone dan Konsel. “Sehingga itu kita perlu adanya peningkatan masalah sumber daya manusia (SDM). Kedua dukungan APBD dan kebijakan. Supaya kita berternak sesuai dengan standar yang diinginkan,” harapnya.

Guna mewujudkan Konsel sebagai sentra penyuplai bibit dan daging sapi, Surunuddin mengharapkan dukungan dari Pemprov Sultra ikut andil dalam pencanangan bibit sapi tersebut. Adapun mengenai letak produksi bibit sapi ini hampir berada di semua kecamatan.

Menurut dia, dengan adanya hal seperti itu, pembibitan ternak sapi dipandang sebagai salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masrakat. “Jadi masyarakat miskin juga tidak hanya mengharap bantuan dari pemerintah, tetapi dengan melibatkan para peternak ini mereka bisa mengembangkan bibit sapi. 2017 nanti saya akan berikan satu pasang bibit sapi satu keluarga,” janjinya.

Sebagai penunjang produksi ternak sapi itu kata Bupati Konsel menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan fakultas peternakan dari Bogor. Dan kedepan pihaknya berencana menggandeng fakultas peternakan UHO untuk melakukan kerjasama pengembangan ternak sapi di Konsel. (ram/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top