Sultra Ekspor 15 Ton Guano ke Amerika – FAJAR Sultra
News

Sultra Ekspor 15 Ton Guano ke Amerika

KENDARI, RSONLINE – Sebanyak 15 ton kotoran kelelawar (guano) asal Kabupaten Muna akan di ekspor ke California, Amerika Serikat. Kotoran kelelawar tersebut akan digunakan sebagai pupuk organik dan juga bahan baku produk kecantikan di Amerika Serikat.

Humas Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari, La Ode Aminustari SSi, Jumat (4/11) mengatakan, kotoran kelelawar ini akan dijadikan pupuk organik kualitas super dan bahan baku kosmetik di California.

Petugas Karantina Pertanian Kelas II Kendari, memantau 15 ton Guano yang akan di ekspor ke California Amerika Serikat, Jumat (4/11).

Aminustari menerangkan, kotoran kelelawar ini setelah dijadikan pupuk organik kualitas super, maka dapat digunakan pada semua jenis tanaman. “Semua jenis tanaman bisa menggunakan guano,” ungkapnya kepada Rakyat Sultra.

Alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UHO ini, petugas karantina sebelumnya telah melakukan pemeriksaan seluruh guano yang akan diekspor ke California. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik, jenis dan jumlah media pembawanya.

Dengan demikian, petugas karantina juga memastikan ekspor senilai Rp2 miliar ini aman dari anthraks dan flu burung. Setelah dinyatakan bebas dari penyakit, maka tidak ada lagi keraguan untuk mengekspor guano tersebut ke tempat tujuan. “Kita ingin guano yang di ekspor bebas dari penyakit, karena itu dilakukan pemeriksaan,” imbuhnya.

Menurutnya, agar kerja sama tetap berjalan, maka barang yang di ekspor pun harus dalam kondisi baik dan aman dari penyakit sehingga negara tujuan bisa terus menjalin kemitraan. “Untuk bisa mempertahankan kerja sama cukup dengan menjaga trus atau kepercayaan,” pungkasnya. (p3/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top