Gubernur Perintahkan SKPD Tuntaskan Program Prioritas – FAJAR Sultra
News

Gubernur Perintahkan SKPD Tuntaskan Program Prioritas

Gubernur Sultra, Dr H Nur Alam SE MSi

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Masa jabatan pasangan Gubernur, H. Nur Alam dan Wakilnya, H.M. Saleh Lasata tinggal satu tahun lebih. Namun hingga kini, masih banyak program yang belum rampung. Guna mewujudkan program kerja pemerintah, Nur Alam pun mendesak aparaturnya pada setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk lebih fokus. Terutama menyelesaikan proyek-proyek yang menjadi prioritas pemerintah saat ini. Mulai dari pembangunan Jembatan Bahteramas, Masjid Al Alam, proyek revitalisasi Teluk, proyek jalan dan jembatan hingga program pemberdayaan lainnya.

Untuk memastikan hal itu, mantan Ketua DPW PAN Sultra mengumpulkan jajarannya di rumah jabatan (Rujab) gubernur, akhir pekan lalu. Dalam rapat tertutup, peraih penghargaan Bintang Maha Putera ini memberi penekanaan agar proyek-proyek tersebut segera dituntaskan. Paling tidak, porsi kebijakan anggaran tahun 2017 lebih berpihak pada program yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sultra.

“Pak gubernur sengaja memanggil semua jajarannya. Ada beberapa poin yang disampaikan. Selain memberi pengarahan, beliau mengingatkan SKPD agar program yang telah dirancang dari awal, untuk diselesaikan. Makanya, ada beberapa SKPD yang mendapat perhatian gubernur,” kata Kepala Biro Humas dan PDE Setprov Sultra, H Kusnadi, Sabtu (5/11) mengutip arahan gubernur.

Program yang menjadi perhatian gubernur, kata Ketua Badan Koordinasi Forum Kehumasan (Bakohumas) Sultra ini, menyangkut proyek fisik seperti pembangunan Masjid Al Alam. Ia meminta agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) bisa merampungkan pembangunan tahun depan. Apalagi ada rencana pelaksanaan salat Idul Fitri dipusatkan di masjid itu. Begitupun dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada sejumlah daerah di Sultra. Salah satunya menyangkut proses pembayaran ganti rugi proyek pembangunan Jembatan Teluk Kendari yang masih tersisa.

“Beliau minta proyek fisik-fisik diselesaikan. Ia tak ingin proyek ini ditinggalkan pada gubernur selanjutnya. Khawatirnya, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah mendatang berubah. Akibatnya, pembangunan terbengkalai. Makanya, semua proyek besar yang menjadi visi dan misi gubernur akan digenjot. Setelah periode berakhir, masyarakat sudah bisa melihat buah karya mereka,” kata mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra ini.

Bukan hanya itu kata Kusnadi, rapat tersebut dijadikan gubernur untuk mengevaluasi kinerja jajaran SKPD-nya. Pasalnya, ada beberapa program yang belum tercapai atau tak terealisasi. Sayangnya, ia tidak menyebutkan materi yang dievaluasi itu. Namun Kusnadi menyatakan, ada beberapa SKPD yang mendapat pengarahan khusus. “Ada poin yang tidak bisa dijabarkan. Persoalannya, terlalu teknis. Takutnya, nanti saya keliru. Yang pasti, gubernur meminta SKPD untuk lebih giat lagi. Dengan waktu yang terbatas, ia berharap semuanya bisa diselesaikan,” tandasnya. (amal)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top