Kafein Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Perempuan – Fajar Sultra
News

Kafein Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Perempuan

SATU lagi alasan untuk bisa menikmati secangkir kopi. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko demensia bagi perempuan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di The Jurnal of Gerontology menyimpulkan bahwa konsumsi kafein lebih dari 261 miligram per hari atau sekitar dua atau tiga cangkir kopi, bisa mengurangi 36 persen risiko demensia saat tua.

Peneliti mengumpulkan data dari 6.467 wanita pascamenopause, yang 65 tahun dan terbiasa mengonsumsi kopi.

Setelah penilaian tahunan fungsi kognitif selama 10 tahun berikutnya, sebanyak 388 wanita didiagnosis dengan kemungkinan demensia atau dengan beberapa bentuk kerusakan kognitif lainnya.

Namun, wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari jumlah rata-rata setiap hari, yakni 261 miligram per hari didiagnosis pada tingkat yang lebih rendah dari demensia.

“Kami tidak benar-benar terkejut dengan temuan kami karena bukti epidemiologi juga menunjukan hal yang sama,” kata penulis utama studi, Ira Driscoll, Ph.D., seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (2/11).

Bahkan, penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa konsumsi kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti berkurangnya resiko mengembangkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dan kematian akibat kedua penyakit ini.

“Saya pikir temuan ini sangat menarik dan tentunya sesuai dengan literatur terakhir tentang efek positif dari kafein dan kaitannya dengan umur panjang,” kata Michael A. Yassa, seorang profesor di departemen neurobiologi.

Pada 2014, Yassa juga mempelajari koneksi otak dan kafein dan menemukan bahwa stimulan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan ingatan tertentu setidaknya hingga 24 jam setelah dikonsumsi.(fny/chi/jpnn)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top