“Pasukan Orange” Bakal Terima Kenaikan Upah – FAJAR Sultra
News

“Pasukan Orange” Bakal Terima Kenaikan Upah

KOLAKA, RSONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) berencana untuk menaikan upah petugas pembersih jalan yang setiap harinya bertugas membersihkan jalan. Saat ini upah para pembersih jalan saat ini sebesar Rp 55 ribu per hari, sehingga akan diusulkannya menjadi Rp 60 ribu.

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Kepala BLHK kabupaten Kolaka, Wardi mengatakan, usulan kenaikan upah bagi petugas pembersih jalan bukan tanpa sebab. Pasalnya, kebersihan jalan di kabupaten Kolaka tak terlepas dari peran petugas kebersihan yang setiap harinya bertugas membersihkan jalan. Kontribusi petugas pembersih jalan dapat terlihat atas prestasi kabupaten Kolaka yang pernah meraih piala adipura sebelas kali secara beruntun.

“Karena itu, untuk meningkatkan motivasi para pahlawan adipura dalam melaksanakan tugasnya, gaji pembersih jalan akan diusulkan naik di tahun 2017 mendatang sebesar Rp. 5 ribu. Akan tetapi, naik atau tidaknya gaji petugas kebersihan akan di kondisikan dengan keuangan daerah,” katanya.

Saat ini pihaknya memiliki 385 orang petugas kebersihan. Dimana jumlah tersebut setiap harinya bertugas membersihkan jalan yang berada di dua kecamatan yaitu Kolaka dan Latambaga.

Mantan Camat Latambaga itu menuturkan, meskipun kenaikan upah petugas kebersihan nantinya dinaikkan menjadi Rp 60 ribu per hari, namun upah itu tetap belum mencapai upah minimum di Kolaka yang mencapai Rp 68 ribu per hari. Kendati demikian, ujar Wardi, upah sebesar Rp 60 ribu per hari itu sudah lebih layak daripada upah sebelumnya.

“Kami berharap, usulan kenaikan upah itu dapat terealisasi, sehingga dapat memotivasi para petugas kebersihan untuk lebih bersemangat dalam bekerja,” katanya. (*/b)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top