Pemkot Akan Bentuk Tim Anti Pungli – Hacked by TryDee
News

Pemkot Akan Bentuk Tim Anti Pungli

KENDARI, RSONLINE – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan membentuk tim khusus (timsus) anti pungutan liar (pungli). Hal ini sebagai bentuk komitmen dan tindaklanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo dalam memberantas pungli diseluruh wilayah Indonesia.

Wali Kota Kendari, Dr H Asrun (kedua dari kanan) dan Kepala BPKAD Kota Kendari (kanan), dan Direktur RSUD Kota Kendari (Kedua dari kiri), saat meresmikan Website Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Geografis Information System (GIS).

Meski saat ini belum ada penekanan dari pemerintah pusat agar pemerintah daerah membentuk timsus anti pungli. Namun, Wali Kota Kendari, Dr Ir H Asrun MEng Sc, telah merencanakan pembentukan timsus anti pungli.

“Kami akan bentuk, tetapi kita tunggu dulu arahan dari Pak Gubernur dulu,” ungkap Asrun.

Dia menegaskan, terkait pembentukan timsus anti pungli telah dipikirkan setelah adanya instruksi presiden. Bahkan dirinya telah melakukan koordinasi dengan semua pihak secara simultan.

Sehingga dia merencanakan, timsus pungli bisa dibentuk pekan ini.

“Kalau bisa kita mulai minggu depan ini sudah dibentuk,” katanya.

Sementara, Pemprov Sultra masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Pasalnya hingga kini belum ada penegasan kepada pemerintah daerah untk segera membentuk satgas anti pungli.

Wakil Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata, mengakui jika ada instruksi presiden yang disampaikan secara lisan agar menghentikan pungli dijajaran instansi pemerintahan. Dan saat ini, Polda Sultra sudah membentuk tim khusus (Timsus) pungli.

“Kepolisian sudah ada, dan sementara berjalan. Makanya kita tunggu perkembangannya mereka bekerja,” ujar pasangan Gubernur Nur Alam, Senin (24/10) di Gedung DPRD Sultra.

Pihaknya tidak akan menunggu begitu saja, namun akan mengumpulkan semua kepala SKPD lingkup Pemprov Sultra untuk membahas terkait pembentukan satgas pungli di Sultra. Tetapi, dirinya belum akan membentuk, jika belum mendapat arahan dari pusat.

Jika pemerintah pusat telah memberikan penekanan agar pemerintah daerah membentuk satgas pungli, maka akan segera dilakukan.

“Kita tunggu dulu perkembangannya, nanti ada arahan dari pusat baru kita lakukan. Kan memang baru lisan dari Pak Presiden,” tuturnya. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top